STRATEGI KOMUNIKASI PT. BANK CENTRAL ASIA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM DIGITAL BANKING

PERMATA, KANTI (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PT. BANK CENTRAL ASIA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM DIGITAL BANKING. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVERFIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)

Abstract

Technology that develops in human life wants speed and convenience that cannot be separated from electronic devices. The challenges of this technological development do not only fall into one area. especially in the economic sector such as banking. The development of technology has forced the banking industry to transform. Currently, banking has become a necessity for transforming into digital, because digital provides efficiency in operating cost pressures. Of course, various challenges will be faced in this digitalization transformation. Therefore, an effective communication strategy is needed to disseminate digital banking. The communication strategy includes communication planning factors with communication management to achieve predetermined goals. The purpose of this study was to determine and analyze the communication strategy of PT. Bank Central Asia in building a corporate image through a digital banking program, uses a qualitative research approach with a case study research method. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews, observation, and study of relevant literature. The results showed that PT. Bank Central Asia is aware of the current era of technological disruption, and is moving to face dynamic changes and adapting to existing technological developments, as well as carrying out digital transformation. The communication strategy used through the use of digital banking to build an image includes: a) Communication planning, b) Communication implementation, c) Monitoring to see the process of the strategy, d) Evaluation to monitor the implementation that has been carried out whether it is in accordance with its objectives. Keywords: Communication Strategy, Digital Banking, Image Teknologi yang berkembang dalam kehidupan manusia menginginkan kecepatan dan kemudahan yang tidak terlepas dari perangkat elektronik. Tantangan dari perkembangan teknologi ini tidak hanya masuk dalam satu bidang saja. khususnya bidang ekonomi seperti perbankan. Berkembangnya teknologi membuat industry perbankan harus bertransformasi. Perbankan saat ini sudah menjadi keharusan untuk bertransformasi pada digital, karena digital memberikan keefesienan pada tekanan biaya operasional. Berbagai tantangan tentunya akan dihadapi dalam transformasi digitalisasi ini. Oleh sebab itu, strategi komunikasi yang efektif ini sangat diperlukan guna mensosialisasikan digital banking ini. Strategi komunikasi meliputi faktor perencanaan komunikasi (communication planning) dengan manajemen komunikasi (communication management) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengalisis strategi komunikasi PT. Bank Central Asia dalam membangun citra perusahaan melalui program digital banking, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi literature yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Bank Central Asia sadar akan era disrupsi teknologi saat ini, dan sedang bergerak untuk menghadapi perubahan yang dinamis dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada, selain itu juga melakukan transformasi digital. Strategi komunikasi yang digunakan melalui pemanfaatan digital banking untuk membangun citra antara lain: a) Perencanaan Komunikasi, b) Pelaksanaan Komunikasi, c) Monitoring untuk melihat jalannya proses strategi tersebut, d) Evaluasi untuk memantau pelaksanaan yang telah dilakukan apakah sudah sesuai dengan tujuannya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Digital Banking, Citra

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55218120007
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Digital Banking, Citra
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.2 Specialized Banking Institutions/Institusi Perbankan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.8 Interest and Discount/Bunga Bank dan Diskon
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian > 334.2 Banking and Credit Cooperatives/Koperasi Perbankan dan Kredit
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Feb 2022 11:17
Last Modified: 18 Feb 2022 11:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55948

Actions (login required)

View Item View Item