MAKNA SINKRETISME DALAM IKLAN SPRITE VERSI “MITOS VS KENYATAAN” DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

YUSANDI, ARIEF (2018) MAKNA SINKRETISME DALAM IKLAN SPRITE VERSI “MITOS VS KENYATAAN” DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
01. Halaman Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. Lembar Persetujuan, Lembar Tanda Lulus Sidang, Lembar Pengesahan Perbaikan.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata Pengantar.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
06. Daftar Tabel.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. Daftar Gambar.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB II)
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang makna sinkretisme yang terdapat dalam iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan di Televisi. Perusahaan tersebut ingin menawarkan kesegaran produk dengan membuat iklan dan menggunakan televisi sebagai media promosi nya. Penelitian ini menerapkan perspektif semiotika dari Roland Barthes melalui skema 2 tahap serta makna denotasi, konotasi, mitos dan ideologi untuk menemukan pesan yang tersembunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika. Data primer yang digunakan diperoleh dari pengambilan gambar dari cuplikan iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan. Data sekunder digunakan untuk menunjang pengumpulan data dalam penelitian ini berupa buku, jurnal, karya tulis ilmiah, website, dan dokumentasi video yaitu melalui Youtube. Penelitian ini menganalisis semua ikon komunikasi dan sinematografi aspek dalam iklan. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan mendorong orang untuk berpikir jernih. Mendorong orang untuk memahami bahwa tidak dapat membuat mereka cepat mendapatkan kekayaan atau mendapatkan kekasih yang ideal tanpa melakukan usaha. Namun minuman Sprite ini membuat tubuh segar dengan aroma rasa lemon yang menyegarkan. Keyword: Semiotika, Roland Barthes, Sinkretisme, Mitos, Kenyataan, Iklan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 074
Call Number: SK/43/18/057
NIM/NIDN Creators: 44313010031
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Sinkretisme, Mitos, Kenyataan, Iklan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:54
Last Modified: 16 Mar 2023 03:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55861

Actions (login required)

View Item View Item