YUSANDI, ARIEF (2018) MAKNA SINKRETISME DALAM IKLAN SPRITE VERSI “MITOS VS KENYATAAN” DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01. Halaman Cover.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. Lembar Persetujuan, Lembar Tanda Lulus Sidang, Lembar Pengesahan Perbaikan.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata Pengantar.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar Isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
06. Daftar Tabel.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. Daftar Gambar.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
08. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB II)
09. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text (BAB III)
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) |
||
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang makna sinkretisme yang terdapat dalam iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan di Televisi. Perusahaan tersebut ingin menawarkan kesegaran produk dengan membuat iklan dan menggunakan televisi sebagai media promosi nya. Penelitian ini menerapkan perspektif semiotika dari Roland Barthes melalui skema 2 tahap serta makna denotasi, konotasi, mitos dan ideologi untuk menemukan pesan yang tersembunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika. Data primer yang digunakan diperoleh dari pengambilan gambar dari cuplikan iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan. Data sekunder digunakan untuk menunjang pengumpulan data dalam penelitian ini berupa buku, jurnal, karya tulis ilmiah, website, dan dokumentasi video yaitu melalui Youtube. Penelitian ini menganalisis semua ikon komunikasi dan sinematografi aspek dalam iklan. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan mendorong orang untuk berpikir jernih. Mendorong orang untuk memahami bahwa tidak dapat membuat mereka cepat mendapatkan kekayaan atau mendapatkan kekasih yang ideal tanpa melakukan usaha. Namun minuman Sprite ini membuat tubuh segar dengan aroma rasa lemon yang menyegarkan. Keyword: Semiotika, Roland Barthes, Sinkretisme, Mitos, Kenyataan, Iklan
Actions (login required)
View Item |