ANALISA PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE MDP 2017 (Studi Kasus Jalur Trans Jakarta Koridor 10)

YUNUS, IRFAN (2018) ANALISA PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE MDP 2017 (Studi Kasus Jalur Trans Jakarta Koridor 10). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Surat Peryataan.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-5. Abtrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7-8-9. Daftar isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12-13. Daftar Gambar.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-11. Daftar Tabel.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Lampiran.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB 2.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB 3.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. BAB 4.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. BAB 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
21. Lampiran-lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisis Perkerasan Jalan Menggunakan Metode MDP 2017 (Studi Kasus Jalur Trans Jakarta Koridor 10), Nama : Irfan Yunus , Nim : 41112320023, Dosen Pembimbing : Andri Irfan Rifai, Dr, ST, MT Jalan adalah infrastruktur transportasi darat yang sangat penting karena jika di suatu wilayah tersebut baik, maka akan memudahkan dalam kegiatan ekonomi masyarakat, memudahkan mobilitas penduduk, meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan kegiatan sosial lainnya, bagi pengguna transportasi massal seperti busway. Kerusakan jalur busway jalan akan mengganggu kenyamanan dan ketepatan waktu pengguna, dan berpotensi menimbukan kerusakan pada komponen busway, Seperti jalur busway di Koridor 10 pada ruas jalan Enggano halte busway St. Tanjung Priok – halte busway Enggano Tanjung Priok Jakarta Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dan mengklasifikasikan jenis dan luasnya kerusakan perkerasan, dan untuk mengetahui nilai kondisi perkerasan dan mencari nilai urutan Prioritas menggunakan metode Bina Marga untuk mengetahui jenis penanganan yang perlu dilakukan, setelah itu mendesain menggunakan metode MDP2017 untuk desain atas penanganan tersebut dan seberapa besar anggaran biaya penanganan tersebut. Penilaian kondisi perkerasan diperlukan untuk menetapkan penanganan yang tepat untuk Program pemiliharaan. Metode yang biasa digunakan untuk mengevaluasi kondisi perkerasan adalah metode Bina Marga serta untuk mendesain menggunakan metode MDP 2017. Tugas Akhir ini betujuan untuk menilai kondisi dan mendesain perkerasan jalan Jalur busway koridor 10 diruas jalan Enggano, dimana penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dimana data primer merupakan hasil dari penelitian melalui survey kondisi perkerasan. Dalam penilaian kondisi jalan menggunakan metode Bina Marga dinilai dari angka 0 sampai lebih dari 8,.Hasil Jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada jalur busway di Jl.Enggano adalah retak buaya, retak acak, retak melintang, retak memanjang, retak alur dan lubang ,Hasil penilaian kondisi kerusakan jalan berdasarkan metode Bina Marga pada ruas jalan Busway Enggano pada STA 0 s/d 100 itu memiliki nilai 3 dalam urutan prioritas dan masuk kedalam program rekonstuksi, pada STA 200 s/d 800 memiliki nilai rata-rata 7 artinya kondisi jalan pada jalur tersebut dalam kedaan cukup baik dan masuk kedalam program pemeliharaan rutin, dan pada STA 800 s/d 1200 memiliki 3 dalam urutan prioritas dan masuk kedalam program rekonstuksi, jadi ada 500 meter di jalur busway Jl.Eggano yang masuk ke dalam program rekonstuksi., Desain perkerasasn menggunakan metode MDP 2017, dari LHR yang telah di dapat maka desain perkerasan pun dapat di ketahui, desain perkesaan ini adalah sebagai bentuk penanganan dari hasil penilaiaan kondisi jalan yang masuk kedalam program rekonstuksi, hasil komulatif ESAL untuk umur rencana 20 Tahun adalah sebesar 81,181,413 itu artinya desain untuk tebal plat beton = 300mm, Lapis LMC= 100mm, Lapis Drainase = 150mm, Anggaran Biaya penangan program Rekonstuksi di dapat setelah desain perkerasan diketahui, nilai anggaran biaya untuk rekonstuksi di jalur busway Enggano adalah sebesar Rp. 875,942,600.00 Kata kunci : Perkerasan jalan menggunakan metode MDP 2017

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 18 003
NIM/NIDN Creators: 41112320023
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perkerasan jalan menggunakan metode MDP 2017
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:55
Last Modified: 04 Feb 2022 06:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55350

Actions (login required)

View Item View Item