OVIANI, UNI (2019) PENGELOLAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ALFAMART SME’S PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SEBAGAI PERUSAHAAN YANG PEDULI TERHADAP PELAKU UMKM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Cover.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. Daftar Lampiran.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Corporate Social Responsibility adalah program yang diselenggarakan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial atau lingkungan. Dalam mengembangkan hubungan baik di mata masyarakat maka perusahaan membuat program-program bagi stakeholder-stakeholder tersebut melalui pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini ditujukan pada stakeholder eksternal maupun stakeholder internal. Periode penelitian ini dilakukan pada Agustus 2018 – Februari 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi Corporate Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam mengembangkan citra sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) melalui program Alfamart Smes (Small, Medium, Enterpreneurs). Alfamart Smes adalah program Corporate Social Responsibility Alfamart terkait kepedulian terhadap UMKM. Adapun tahapan-tahapan dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility ini yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip & Allen. Paradigma penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisa datanya, penulis menggunakan teknik analisa kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap key informan dan informan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengelolaan program Corporate Social Responsibility PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dalam membangun citra positif melalui program Alfamart Smes. Dimulai dari tahapan pencarian masalah hingga evaluasi program. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan program Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program CSR PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sudah tepat, di mana program CSR yang dijalankan sesuai dengan konsep, dan juga konsep sustainable development. Program CSR Alfamart Smes dapat dikatakan berhasil dalam mengembangkan citra perusahaan. Hal ini dilihat dari peningkatan penghargaan yang diraih Alfamart setelah menjalankan CSR dari tahun 2008, testimoni masyarakat, juga meningkatnya UKM binaan Alfamart (Outlet Binaan Alfamart). Kata kunci : Corporate Social Responsibility, UMKM, Alfamart Smes, Citra.
Actions (login required)
View Item |