STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN AWARENESS MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI BLOCKCHAIN (Studi Kasus Pada Asosiasi Blockchain Indonesia)

DENIS, DENIS (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN AWARENESS MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI BLOCKCHAIN (Studi Kasus Pada Asosiasi Blockchain Indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
lembar pengesahan.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Melihat jumlah pencurian data berbasis internet semakin meningkat. Diperlukan inovasi baru dalam menangani pencurian data yang terjadi di masyarakat. Inovasi dalam bentuk teknologi baru sebagai solusi yang dapat membantu mengurangi pencurian data virtual adalah teknologi Blockchain. Namun teknologi Blockchain masih belum diketahui oleh publik dan perusahaan di Indonesia. Berdasarkan fenomena ini, penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi komunikasi dalam membangun kesadaran publik tentang penggunaan teknologi Blockchain. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Asosiasi Blockchain membangun kesadaran publik tentang penggunaan teknologi Blockchain. Pada tahap fact finding di temukan bahwa mengapa teknologi blockchain tidak terkenal yaitu:1.Teknologi Blockchain memiliki dua sisi yang sangat luas,2. Masyarakat merasa takut terhdap teknologi blockchain,3. Paradigm bahwa data privasi itu tidak terlalu penting, dan dari segi komunikasi terjadi hambatan yaitu dari sisi pesan dan komunikan. Tahap kedua planning yaitu menggunakan preventif program dan remedial program dengan tujuan agar mengurangi hambatan komunikasi. Tahap action strategi komunikasi menggunkan cara redundancy dan repetisi unutk meningktakan kesadaran masyarakat. Pada tahap terakhi kesimpulan yaitu bahwa asosiasi blockchain Indonesia masih ahrus meningkatkan pengunaan media serta memperbaiki pesan agar mudah di terima masyarkat. Kesimpulan melalui analisis swot maka strategi yang dapat digunakan adalah kegiatan off-air. Melalui tahap analisis dan di buat perencaan dengan melihat fakta dan terbentuklah strategi komunikasi asosiasi blockchain Indonesia yaitu preventif program dalam bentuk seminar, workshop dan talkshow, serta remedial program. Dari perenacaan tersebut maka actions yang daapt di lakukan dengan melihat fungi Public relation yaitu teknisi komunikasi dengan mengelola pesan baik online dan offline. Kata kunci : Strategi komunikasi, Awareness, teknologi Blockchain

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 010
Call Number: SK/42/21/051
NIM/NIDN Creators: 44216010011
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Awareness, teknologi Blockchain
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 01 Apr 2023 04:15
Last Modified: 01 Apr 2023 04:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51265

Actions (login required)

View Item View Item