RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK AUTOGATE PETIKEMAS PELABUHAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS: PT PELABUHAN TANJUNG PRIOK)

BACHTIAR, NANDA ARIEF (2020) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK AUTOGATE PETIKEMAS PELABUHAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS: PT PELABUHAN TANJUNG PRIOK). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
07 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Gate in dan gate out suatu terminal petikemas merupakan salah satu proses yang wajib dilalui oleh petikemas yang melakukan kegiatan ekspor dan impor. Pada proses gate in dan gate out terdapat proses pencocokan antara beberapa kriteria yang yang digunakan untuk pengambilan keputusan oleh staf pelabuhan untuk membuka atau menutup gate pelabuhan. namun permasalahan yang muncul dari proses tersebut adalah ditemukannya human error seperti, membuka gate walaupun kriteria belum sesuai untuk pembukaan gate. Hal ini menyebabkan penumpukan petikemas di area pelabuhan serta peningkatan pada dwelling time. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pencocokan antara kriteria buka tutup gate dengan kondisi muatan petikemas. berdasarkan hasil penelitian terdahulu menyebutkan bahwa dari beberapa metode pendukung keputusan yang dapat menunjang sepenuhnya pencocokan antara kriteria dengan alternatif adalah dengan menggunakan metode profile matching. oleh karena itu pada penelitian ini, kami mengimplementasikan profile matching sebagai metode pendukung keputusan pada sistem autogate pelabuhan. hasil akhir dari penelitian ini adalah menurunnya penumpukan petikemas di area pelabuhan dan optimasi penurunan waktu dwelling time. Kata kunci: gate in, gate out, penelitian, sistem informasi, terminal petikemas

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 20 176
Call Number: SIK/18/21/033
NIM/NIDN Creators: 41816110192
Uncontrolled Keywords: gate in, gate out, penelitian, sistem informasi, terminal petikemas
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan > 381.1 Retail Trade/Perdagangan Ritail, Pasar
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 386 Inland Waterway/Transportasi Pengangkutan di Daerah Pedalaman > 386.8 Ports/Pelabuhan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 692 Auxiliary Construction Practices/Lain-lain yang Berhubungan dengan Pekerjaan Konstruksi > 692.1 Plans and Drawings Construction/Rancangan dan Menggambar Konstruksi Bangunan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 24 May 2022 01:22
Last Modified: 14 Jun 2023 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50220

Actions (login required)

View Item View Item