ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MAKNA PADA IKLAN PESONA INDONESIA VERSI DESTINASI PESONA INDONESIA 2017

DZULYANA, MUHAMMAD AMAS (2018) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MAKNA PADA IKLAN PESONA INDONESIA VERSI DESTINASI PESONA INDONESIA 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04. ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.Surat pernyataan.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.Lembar Pengesahan.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Iklan merupakan media menyampaikan pesan yang efektif, Youtube adalah media yang sering digunakan untuk beriklan, karena Youtube media yang berbasis online yang sering digunakan oleh khalayak dan Youtube mempunyai durasi yang cukup lama sehingga dapat menyampaikan pesan secara detail dan efektif dalam mengkampanyekan pesan dalam iklan. Kementerian Pariwisata melalui brand Pesona Indonesia melakukan kampanye dengan memasang iklan di Youtube dengan judul Destinasi Pesona Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan pada iklan Destinasi Pesona Indonesia 2017. Teori yang digunakan adalah teori Semiotika Ferdinand De Saussure yang menjelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified) , penanda yakni bunyi atau coretan bermakna, dan petanda yakni gambar atau konsep sesuatu dari penanda. Hubungan antara kedua konsep tersebut disebut signifikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisa semiologi komunikasi. Sebagai sebuah penelitian deskriptif, penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hiotesis atau membuat prediksi. Secara keseluruhan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Makna-makna yang terkumpul pada iklan Destinasi Pesona Indonesia 2017 memberikan arti tujuan dari Kementerian Pariwisata, bahwa Kementerian Pariwisata destinasi wisata dalam negeri sangat kaya dan indah, banyak pilihan destinasi wisata yang ada di Indonesia, mulai dari wisata alam, wisata seni budaya, sejarah hingga wisata modern ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 154
Call Number: SK/42/18/191
NIM/NIDN Creators: 44215120145
Uncontrolled Keywords: ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MAKNA PADA IKLAN PESONA INDONESIA VERSI DESTINASI PESONA INDONESIA 2017
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:00
Last Modified: 15 Jul 2024 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49565

Actions (login required)

View Item View Item