INDRASARI, AULIA FITRI (2018) PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI EMANG CINCAI BUKALAPAK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survey Karyawan di Wisma Hayam Wuruk). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrack.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text (BAB II)
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text (BAB III)
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text (BAB V)
07. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan pada iklan tevisi “Emang Cincai” Bukalapak terhadap minat beli konsumen. Untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan televisi Emang Cincai Bukalapak, peneliti menggunakan teori terpaan iklan menurut Aaker David Myres Jhon G dengan 3 indikator: (1) Frekuensi, (2) Durasi, (3) Intensitas. Konsep minat beli yang digunakan dengan melihat 3 indikator: (1) Attention, (2) Interest, (3) Desire. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Tipe penelian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang dugunakan adalah Purposive Sampling. Kriteria penentuan responden dalam penelitian ini merupakan karyawan di Wisma Hayam Wuruk yang pernah melihat iklan “Emang Cincai” Buakalapak”dan teknik penarikan sampel menggunakan rumus slovin. Untuk melihat pengaruh terpaan iklan terhadap minat beli, peneliti menggunakan landasan teori komunikasi SOR dan teori AIDA untuk menganalisa dampak variabel tersebut. Hasil analisa regresi linier sederhana dengan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan adanya hubungan yang lemah yaitu sebesar 20,3% minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel terpaan iklan Emang Cincai Bukalapak. Sedangkan hasil uji analisis koefisien korelasi antar variabel cukup kuat yakni 45,1%. Lalu hasil uji hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya variabel terpaan iklan mempengaruhi minat beli konsumen Bukalapak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang nyata (signifikan) antara terpaan iklan Bukalapak terhadap minat beli konsumen. Kata kunci : Terpaan Iklan, Iklan TVC, Minat Beli
Actions (login required)
View Item |