INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP IKLAN ROKOK MAGNUM (Analisis Resepsi Iklan Rokok Magnum versi Mantapkan Langkah)

PUTRA, STEVANUS FEBRIAN (2018) INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP IKLAN ROKOK MAGNUM (Analisis Resepsi Iklan Rokok Magnum versi Mantapkan Langkah). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Khalayak pasif akan menerima mentah-mentah informasi yang disuguhkan oleh media, mereka akan menyimpulkan informasi yang didapat tanpa menelisik apakah yang tersirat dibaliknya. Tetapi Di sisi yang lain terdapat khalayak yang akan dengan selektif memilah informasi dari media sesuai dengan yang dibutuhkannya. Khalayak tersebut merupakan khalayak aktif, mereka akan cenderung lebih kritis dan mampu mengontrol media. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana pemaknaan khalayak terhadap sebuah iklan TVC rokok Magnum versi “mantapkan langkah”. Teori yang digunakan teori Resepsi dan konsep Stuart Hall dimana pemaknaan dikelompokkan dalam tiga posisi pemaknaan, yaitu secara dominan-hegemonik, negosiasi, dan oposisi. Informan dalam memaknai sebuah iklan berbeda-beda menurut tingkat pendidikan, ekonomi, dan gaya hidup Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik keabsahan data Tringulasi data. Hasil temuan peneliti yaitu pada kategori Dominant Hegemonic tingkat pendidikan dan ekonomi cenderung besar dalam informan memaknai sebuah iklan ditelevisi. Informan mengemukakan bahwa pesan iklan yang disampaikan oleh iklan rokok magnum versi mantapkan langkah, sebagai pria harus berjuang dalam sebuah masalah dan tantangan. Kategori Negosiasi gaya hidup informan lebih mempunyai cara berfikiri kritis, informan memaknai iklan rokok magnum versi mantapkan langkah dengan kritis bahwa pria dalam iklan harusnya lebih bisa mengekspresikan bahwa pria harus berjuang dalam masalah. Kategori Oposisi, informan dalam memaknai iklan rokok magnum versi mantapkan langkah menolak pesan iklan yang disampaikan. Karena menurut informan iklan tersebut absurd dan susah untuk dimengerti.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 065
NIM/NIDN Creators: 44312010039
Uncontrolled Keywords: INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP IKLAN ROKOK MAGNUM
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 May 2019 02:14
Last Modified: 16 Mar 2023 02:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47876

Actions (login required)

View Item View Item