MAKNA SINKRETISME DALAM IKLAN SPRITE VERSI MITOS VS KENYATAAN DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes)

YUSANDI, ARIEF (2019) MAKNA SINKRETISME DALAM IKLAN SPRITE VERSI MITOS VS KENYATAAN DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. Lembar Persetujuan, Lembar Tanda Lulus Sidang, Lembar Pengesahan Perbaikan.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata Pengantar.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
06. Daftar Tabel.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. Daftar Gambar.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB II)
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

This research analyzes the syncretic meaning contained in the advertisement of Sprite version of Myth vs. Reality on Television. The company wants to offer product freshness by making advertisements and using television as its promotional media. This research applies semiotics perspective from Roland Barthes through 2 phase scheme and denotation, connotation, myth and ideology meaning to find hidden message. This research uses qualitative approach and semiotic analysis method. The primary data used is obtained from shooting from the Myth versus the Trite version of the Sprite advertisement. Secondary data is used to support the collection of data in this study in the form of books, journals, scientific papers, websites, and video documentation through Youtube. This research analyzes all communication icons and cinematographic aspects in advertising. Finally, the researcher concludes that the advertisement of Sprite version of Myth vs. Reality encourages people to think clearly. Encourage people to understand that can not make them quickly gain wealth or get an ideal lover without doing hard work. But this Sprite drink makes the body fresh with the aroma of a refreshing lemon flavor. Keyword: Semiotics, Roland Barthes, Syncretism, Myths, Reality, Advertising Penelitian ini menganalisis tentang makna sinkretisme yang terdapat dalam iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan di Televisi. Perusahaan tersebut ingin menawarkan kesegaran produk dengan membuat iklan dan menggunakan televisi sebagai media promosi nya. Penelitian ini menerapkan perspektif semiotika dari Roland Barthes melalui skema 2 tahap serta makna denotasi, konotasi, mitos dan ideologi untuk menemukan pesan yang tersembunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika. Data primer yang digunakan diperoleh dari pengambilan gambar dari cuplikan iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan. Data sekunder digunakan untuk menunjang pengumpulan data dalam penelitian ini berupa buku, jurnal, karya tulis ilmiah, website, dan dokumentasi video yaitu melalui Youtube. Penelitian ini menganalisis semua ikon komunikasi dan sinematografi aspek dalam iklan. Akhirnya peneliti menyimpulkan bahwa iklan Sprite versi Mitos vs Kenyataan mendorong orang untuk berpikir jernih. Mendorong orang untuk memahami bahwa tidak dapat membuat mereka cepat mendapatkan kekayaan atau mendapatkan kekasih yang ideal tanpa melakukan usaha. Namun minuman Sprite ini membuat tubuh segar dengan aroma rasa lemon yang menyegarkan. Keyword: Semiotika, Roland Barthes, Sinkretisme, Mitos, Kenyataan, Iklan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SK/43/18/057
NIM/NIDN Creators: 44313010031
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Sinkretisme, Mitos, Kenyataan, Iklan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 28 May 2019 02:52
Last Modified: 28 May 2019 02:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47633

Actions (login required)

View Item View Item