PANGGABEAN, JAYA SAKTI HAMONANGAN (2018) PERAN PRODUSER, KREATIF, DAN MEDIA DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TEMPAT DUDUK INI MILIKNYA (Konten Instagram untuk Sosialisasi Tempat Duduk Prioritas KRL Commuter Line). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Priority seat is one of services that provided by PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) inside the KRL Commuter Line. The service which is actually intended for the comfort and convenience of priority passengers, but is often misused by non-priority passengers. Moreover, this misuse has become a news and has been published in the mass media. This condition can damage the company image in the minds of stakeholders. This research is conducted as a part of the strategies to solve that issue. PT KCI should consider to develop a sustainable communication strategy as the company’s willingness to maintain a good relationship with the consumers or passenger as its stakeholder, to persuade and educate the KRL passengers as well as to encourage behavior change in occupying priority seats. Researcher produces a Public Service Announcement (PSA) with appeal and suggestion as the theme, entitled “Tempat Duduk Ini Miliknya” (These Seats are Theirs). This main title is divided into four key messages and is produced into four PSAs. Researcher convey the main messages in prominent headlines and are equipped with bodycopy as explanatory information. The PSAs use background images as the illustrations that represent messages and combine with visual graphic elements. The target audience is the passengers of KRL Commuter Line located in Greater Jakarta, male and female, 21-40 years, and work as private employees and college students. These PSAs are published digitally through official Instagram account of PT KCI. Two published public service announcements gained higher interaction and engagement compared to other publications of PT KCI. The PSAs gained various comments with the majority of them indicating positive and neutral feedback. According to several comments, information included in the PSA successfully improve the knowledge and awareness of the audience towards the priority seats. Keywords: Public Relations, socialization, public service announcement, priority seat Tempat duduk prioritas adalah salah satu pelayanan yang disediakan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) di dalam rangkaian KRL Commuter Line. Layanan tempat duduk prioritas, yang sejatinya diperuntukkan untuk kenyamanan dan kemudahan penumpang prioritas, namun kerap kali disalahkan oleh para penumpang yang bukan prioritas. Bahkan, sejumlah penyalahgunaan ini sempat menjadi pemberitaan media massa. Hal ini dapat berdampak pada terbentuknya citra negatif perusahaan di benak para stakeholder. Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari upaya penyelesaian permasalahan yang terjadi. Perusahaan perlu mempertimbangkan untuk melakukan upaya penanganan yang bersifat persuasif dan didasari pada keinginan perusahaan untuk mengelola hubungan baik dengan konsumen sebagai stakeholder-nya. PT KCI perlu mengembangkan strategi komunikasi berkelanjutan yang dapat mempersuasi dan mengedukasi para pengguna KRL sekaligus mendorong perubahan perilaku dalam menggunakan tempat duduk prioritas. Peneliti memproduksi iklan layanan masyarakat bertema imbauan dan anjuran dengan judul “Tempat Duduk Ini Miliknya”. Judul ini dibagi menjadi empat key message yang dituangkan ke dalam empat iklan layanan masyarakat. Peneliti menyampaikan pesan utama dalam headline yang menonjol serta dilengkapi dengan bodycopy sebagai informasi penjelas. Iklan layanan masyarakat menggunakan ilustrasi gambar latar yang merepresentasikan pesan dan memadukan unsur visual grafis. Target khalayak adalah pengguna KRL Commuter Line yang berada di Jabodetabek, laki-laki dan perempuan, berusia 21-40 tahun, dan bekerja sebagai pegawai swasta dan mahasiswa. Iklan layanan masyarakat ini dipublikasikan secara digital melalui akun instagram resmi PT KCI. Dua iklan layanan masyarakat yang telah dipublikasikan memperoleh interaksi yang cukup signifikan lebih tinggi bila dibandingkan dengan publikasi PT KCI lainnya di akun instagram. Iklan layanan masyarakat mendapatkan komentar beragam dengan mayoritas bernada positif dan netral. Dari pemantauan sejumlah komentar, informasi yang disampaikan dalam iklan layanan masyarakat berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran target khalayak terhadap tempat duduk prioritas. Kata kunci: Public Relations, sosialisasi, iklan layanan masyarakat, tempat duduk prioritas
Actions (login required)
View Item |