INTERPRETASI AUDIENCE PADA ENDORSER ARTIS KOREA DALAM IKLAN TV (Analisis Resepsi Komunitas Pecinta Kopi Noesantara tentang Penggunaan Endorser Artis Korea dalam Iklan

ULFA, NURUL SAMSIAH (2019) INTERPRETASI AUDIENCE PADA ENDORSER ARTIS KOREA DALAM IKLAN TV (Analisis Resepsi Komunitas Pecinta Kopi Noesantara tentang Penggunaan Endorser Artis Korea dalam Iklan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVEER.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Instant coffee business competition is getting tighter along with the circulation of many of the same products on the market. One of the strategies to win the competition is the use of celebrity endorser in the advertisement of the product. The more popular endorsers used in advertising, the more likely it is to grab consumer interest and win the competition. On the other hand, the role of an endorser in an advertisement is not only determined by the text of the media or the ad itself but is determined by the experience and audience (reader) and how the meaning is created through the experience. In other words, the meaning of advertising is created for watching or reading and processing the advertisement. This research was conducted to know interpretation of Noesantara Coffee Community about the use of Korean artist endorser in Luwak White Koffie commercial using the reception analysis by Stuart Hall. This research uses qualitative approach with explorative research type. Data collection techniques used is by conducting in-depth interviews to resource persons. The research conclusion is there is diversity in the reading model caused by the difference in the assessment of the codes submitted. Informant 1, informant 2 and informant 4 are included in the dominated reading model because they comprehend and interpret the interpretation in accordance with what is desired by PT. Javaprima Abadi. Informant 3 is in the position of an oppositional reader, for he gives a contrasting meaning to what the encoder wishes to convey that Lee Min Ho's endorser has a low level of expertise that makes him an incredibility endorser. While informant 5 is in the position as negotiated reading. It has a meaning and an alternative interpretation compared to other informants associated with the visual settings of the Commercial is the place setting and scenario role run by Lee Min Ho. Keyword : Celebrity Endorser, Reception Analysis, Luwak White Koffie Commercial. Persaingan bisnis kopi instan semakin ketat seiring dengan beredarnya banyak produk yang sama di pasaran. Salah satu strategi memenangkan persaingan adalah penggunaan celebrity endorser dalam iklan produk tersebut. Semakin populer endorser yang digunakan dalam iklan, dianggap semakin berpeluang merebut minat konsumen dan memenangkan persaingan. Disisi lain, peran seorang endorser dalam sebuah iklan tidak hanya ditentukan oleh teks media atau iklan itu sendiri melainkan ditentukan oleh pengalaman dan pemirsaan khalayak (penonton/pembaca) serta bagaimana makna diciptakan melalui pengalaman tersebut. Dengan kata lain, makna sebuah iklan diciptakan karena menonton atau membaca dan memproses teks media atau iklan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interpretasi Komunitas Pecinta Kopi Noesantara tentang penggunaan endorser artis Korea dalam iklan Luwak White Koffie Versi Lee Min Ho dengan menggunakan landasan teori analisis resepsi oleh Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat keberagaman dalam model pembacaan yang disebabkan oleh adanya perbedaan penilaian atas kode-kode yang disampaikan. Informan 1, informan 2 dan informan 4 termasuk ke dalam model pembacaan dominated karena secara garis besar mereka memaknai dan melakukan interpretasi yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh PT. Javaprima Abadi. Informan 3 berada dalam posisi sebagai pembaca oppositional, karena ia memberikan pemaknaan yang berlawanan dengan apa yang ingin disampaikan pihak encoder bahwa endorser Lee Min Ho memiliki tingkat expertise (keahlian) yang rendah sehingga membuat dirinya dianggap endorser tidak kredibel. Sedangkan informan 5 berada dalam posisi sebagai pembaca negotiated reading. Ia memiliki pemaknaan dan interpretasi alternatif dibanding informan yang lain terkait dengan setting visual iklan tersebut yaitu setting tempat dan skenario peran yang dijalankan oleh Lee Min Ho dalam iklan tersebut. Kata Kunci : Celebrity Endorser, Reception Analysis, iklan Luwak White Koffie.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44315110103
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Reception Analysis, iklan Luwak White Koffie.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 14 Jan 2019 02:45
Last Modified: 14 Jan 2019 02:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46630

Actions (login required)

View Item View Item