EFEK (KOGNITIF, AFEKTIF, KONATIF) TAYANGAN PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7 TERHADAP MAHASISWI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG (Studi Survey Tayangan Program Dua Hijab Periode Mei-Juni 2017)

FAUZIAH, HANA NUR (2017) EFEK (KOGNITIF, AFEKTIF, KONATIF) TAYANGAN PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7 TERHADAP MAHASISWI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG (Studi Survey Tayangan Program Dua Hijab Periode Mei-Juni 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Tayangan program Dua Hijab Trans 7 merupakan salah satu tayangan program magazine yang mengulas informasi mengenai trend gaya berpakaian dan berhijab. Tayangan ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bagi para khalayak, khususnya remaja untuk berpenampilan menggunakan hijab secara trendy. Hal tersebut membuat ketertarikan bagi penulis untuk melakukan penelitian mengenai efek yang di dapat dari tayangan program Dua Hijab Trans 7, tujuan penulis melakukan penelitian ini ialah sejauh mana efek yang di dapat dari tayangan program Dua Hijab Trans 7 dalam merubah sikap khalayak. Teori efek media massa, memiliki peran penting dalam penelitian ini. Efek media massa yaitu Efek kognitif, efek afektif , dan efek konatif. Masing-masing ketiga efek ini memiliki hubungan antara satu sama lain. Jika semakin tinggi pengetahuan atau kognitif yang di dapat, maka semakin tinggi pengaruh efek afektif, semakin tinggi efek afektif yang di dapat maka semakin tinggi pula efek konatif yaitu perubahan sikap yang di dapat setelah menggunakan media massa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif, dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh penulis yaitu metode Simpel Random Sampling. Dan dengan analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Responden yang telah ditentukan 97 orang, dari mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penulis mengambil sampel tersebut, karena ingin mengetahui sejauh mana efek yang di dapat dari tayangan program dua hijab, dengan latar belakang responden merupakan keguruan dan ilmu pendidikan, dan juga ingin mengetahui apakah responden yang memiliki latar belakang keguruan tersebut, memerlukan trend gaya berpakaian dan hijab atau tidak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efek kognitif yang diperoleh yaitu cukup positif para responden memiliki efek kognitif sebanyak 60 atau 61%, efek afektif 61 atau 63% dengan kategori cukup positif, serta efek konatif 56 atau 58% dengan kategori cukup positif. Pada tabel korelasi pearson product moment yang telah dibuat antara efek kognitif dan efek afektif nilai sig sebesar 0.00, dan nilai α yaitu 0.01, hasil yang diperoleh yaitu sig = 0,00 < α = 0.01 sehingga di tolak. Maka artinya, ada hubungan antara efek kognitif dengan efek afektif. Dan pada tabel korelasi antara efek afektif dan efek konatif nilai sig sebesar 0.00, dan nilai α yaitu 0.01, hasil yang diperoleh yaitu sig = 0,00 < α = 0.01 sehingga di tolak. Maka artinya, ada hubungan antara efek afektif dengan efek konatif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 205
NIM/NIDN Creators: 44113010009
Uncontrolled Keywords: EFEK KOGNITIF, AFEKTIF, KONATIF, TAYANGAN, PROGRAM DUA HIJAB, TRANS 7, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.2 Programming for Specific Computers, for Specific Operating Systems, for Specific User Interface/Pemrograman untuk Tipe Komputer, Sistem Operasi dan Tampilan Antar Muka Pengguna Tertentu > 005.26 Programming for Digital Microcomputers/Pemrograman untuk Digital Micro Komputer > 005.269 Programming for Specific User Interfaces/Pemrograman untuk Tampilan Antarmuka Pengguna
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.3 Programs/Program > 005.36 Programs for Personal Computers/Program untuk Komputer Personal > 005.369 Specific Programs/Program Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.3 Programs/Program > 005.37 Programs for Specific Processing Modes/Program untuk Mode Pengolahan Tertentu > 005.373 Programs for Real-Time Computer Systems/Program untuk Sistem Komputer Real-Time
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu > 011.77 Computer Programs/Program Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:36
Last Modified: 30 May 2024 03:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44135

Actions (login required)

View Item View Item