ANALISIS PERFORMA PROGRAM TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) PADA PERUSAHAAN MINUMAN SUSU KEMASAN PT. XYZ

Utomo, Budi (2012) ANALISIS PERFORMA PROGRAM TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) PADA PERUSAHAAN MINUMAN SUSU KEMASAN PT. XYZ. S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVERR.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Ketatnya persaingan dunia usaha saat ini menuntut semua perusahaan untuk terus berusaha menghasilkan produk yang terbaik bagi konsumennya, lebih berkualitas serta harga yang bersaing (affordable price), sehingga setiap perusahaan manufaktur dituntut untuk selalu cerdas dalam menyiasati dan menerapkan strategi yang tepat untuk mendukung proses operasional produksinya. Dalam tesis ini akan membahas tentang strategi program penerapan TPM (Total Productive Maintenance) yang telah terbukti dapat meningkatkan kinerja proses produksi dalam hal kehandalan mesin produksi, biaya, tenaga kerja dan prosentasi cacat produk. Dengan penerapan strategi program TPM yang baik dan tepat maka akan lebih menjamin kinerja operasional produksi perusahaan terus terjaga pada level kapasitas dan kinerja yang diinginkan sehingga masa depan dan perkembangan perusahaan akan lebih terjamin. Data yang digunakan adalah data operasional PT.XYZ sebuah perusahaan pembuat minuman susu kemasan botol, dengan mengunakan data sekundernya antara lain; data operasional bagian Produksi, Engineering, QC dan PPIC yang meliputi kapasitas produksi, rencana produksi, hasil dan kualitas produksi, downtime, selanjutnya pengujian dilakukan dengan membandingkan kinerja operasional produksi setelah 5 tahun penerapan program TPM. Dengan menganalisis nilai index OEE sebagai index keberhasilan program TPM, menggambarkan bahwa penerapan program TPM di PT. XYZ belum menunjukan peningkatan kinerjanya yang signifikan bahkan cenderung stagnan. Dengan melakukan analisis parameter-parameter dalam index OEE selanjutnya diketahui area mana yang memerlukan perbaikan kinerjanya sehingga diharapkan akan membantu meningkatkan kinerja program TPM PT. XYZ yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55310110023
Uncontrolled Keywords: Kualitas, operasional, TPM, index OEE, kinerja, stagnan, daya saing, Quality, operations, TPM, OEE index, performance, stagnant, competitiveness.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 19 Jun 2019 11:55
Last Modified: 19 Jun 2019 11:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43189

Actions (login required)

View Item View Item