ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM STUDI KASUS: ANTARA BUS TRANSJAKARTA DAN BUS METROMINI S 69 DARI CILEDUG KE BLOK M

SAPUTRA, ANGGRENNA FENGKI (2017) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM STUDI KASUS: ANTARA BUS TRANSJAKARTA DAN BUS METROMINI S 69 DARI CILEDUG KE BLOK M. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.Hal Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.Bab 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
04.Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB III)
05.Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
06.Bab 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB V)
07.Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract

Keberagaman moda transportasi pada masa ini mengakibatkan kompetisi dalam pemilihan moda, sehingga akan ada moda yang sangat banyak digemari dan digunakan oleh pelaku perjalanan untuk mencapai suatu tempat sedangkan moda lainnya sedikit atau bahkan tak lagi diminati. Dalam kompetisi yang terjadi, maka perlu dilakukan peninjauan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda sehingga pihak yang terkait dapat mewujudkan sistem angkutan umum yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati prilaku pelaku perjalanan yang menggunakan angkutan umum Bus Transjakarta dan Bus Metromini trayek Ciledug ke Blok M agar diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku perjalanan dalam melakukan pemilihan moda, guna memperoleh suatu model pemilihan moda yang dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda Bus Transjakarta dan Bus Metromini. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam tugas akhir ini adalah penelitian kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan perhitungan regresi karena bertujuan melihat hubungan variabel respon pilihan pelaku perjalanan (Y) terhadap perubahan atribut selisih biaya perjalanan (X1), waktu perjalanan (X2) dan waktu keberangkatan masingmasing moda (X3). Dari hasil uji statistik yang telah dilakukan, didapatkan persamaan selisih utilitas antara kereta api dan bus adalah sebagai berikut: (UTJ-UMM) = 1.205 + 0.00.X1 + 0.15.X2 + 0.002.X3. Model pemilihan moda yang digunakan adalah model logit binomial: Probabilitas pemilihan moda Bus Transjakarta: PTJ = ( ) Probabilitas pemilihan moda Bus Metromini: PMM = 1 – PMM = ( ) Sehingga didapatkan hasil bahwa probabilitas pemilihan moda Bus Transjakarta lebih besar dari pada pemilihan modaBus Metromini. Perubahan yang dilakukan terhadap biaya perjalanan, waktu perjalanan, dan jarak waktu keberangkatan tidak mempengaruhi, karena masyarakat lebih memilih Bus Transjakarta sebagai moda untuk mencapai tujuannya. Kata kunci : Pemilihan moda, Analisis Regresi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 088
NIM/NIDN Creators: 41116110065
Uncontrolled Keywords: Pemilihan moda, Analisis Regresi.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.3 Vehicular Transportation/Transportasi kendaraan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:01
Last Modified: 27 Dec 2021 17:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42265

Actions (login required)

View Item View Item