KOMUNIKASI ADVOKASI EPISTEMA INSTITUTE DALAM MENDORONG TERBENTUKNYA PERDA MASYARAKAT KASEPUHAN (Studi Kasus Penyiapan Peraturan Daerah Masyarakat Kasepuhan Oleh Epistema Institute)

RUHIMAT, RUHIMAT (2017) KOMUNIKASI ADVOKASI EPISTEMA INSTITUTE DALAM MENDORONG TERBENTUKNYA PERDA MASYARAKAT KASEPUHAN (Studi Kasus Penyiapan Peraturan Daerah Masyarakat Kasepuhan Oleh Epistema Institute). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi advokasi epistema institute dalam mendorong terbentuknya peraturan daerah tentang kasepuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi advokasi yang dilakukan Epistema Institute melalui tahapan komunikasi advokasi yaitu merumuskan issue, merumuskan tujuan jangka panjang dan tujuan strategis, menentukan sasaran advokasi, membangun dukungan, mengembangkan pesan, memilih saluran informasi, implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Tahapan dilakukan kepada pemerintah daerah yaitu DPRD kabupaten Lebak dan masyarakat kasepuhan sebagai informan dalam penelitian ini. Dengan pendekatan penyampaian pesan yang bersifat persuasif dan komunikasi yang efektif, maka Epistema berhasil mendorong Pemerintah Daerah (DPRD) membentuk Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Provinsi Banten Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pengakuan, Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat Kasepuhan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/CMC/2017/046
Call Number: 52/CMC/2017/046
NIM/NIDN Creators: 55214110037
Uncontrolled Keywords: Communication Advocacy, persuasion message, Communication action, Kasepuhan community, Local Regulation, Lebak District Government, DPRD Lebak, Komunikasi Advokasi, pesan persuasi, Tindakan komunikasi, masyarakat kasepuhan, Peraturan Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak, DPRD kabupaten Lebak
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 18 Apr 2018 06:21
Last Modified: 18 Apr 2018 06:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41944

Actions (login required)

View Item View Item