STATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILUKADA KOTA TANGERANG (STUDI KASUS TENTANG KAMPANYE KEPALA DAERAH KOTA TANGGERANG - BANTEN TAHUN 2013-2018)

GUNAWAN, HULWANI (2015) STATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILUKADA KOTA TANGERANG (STUDI KASUS TENTANG KAMPANYE KEPALA DAERAH KOTA TANGGERANG - BANTEN TAHUN 2013-2018). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji komunikasi politik yang dilakukan oleh Arief Wismansyah dan Sachrudin sebagai calon incumbent melalui tim kampanye politik Arif-sachrudin di Kota Tangerang, untuk memenangkan pemilihan Kepala Daerah Kota Tangerang tahun 2013- 2018. Landasan teoritik dari penelitian adalah teori komunikasi massa. Paradigma dalam penelitian adalah paradigma konstruktivis, menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis sosial, melalui metode studi kasus untuk mencari kekhususannya. Data primer diperoleh dari informan kunci melalui wawancara mendalam kepada tim sukses, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi politik Arief-Sachrudin dalam memenangkan pemilukada Kota Tangerang hanya bersifat dua arah yaitu dari bawah ke atas (bottom up), yang berlangsung secara interaktif antara komunikator dan penerima dalam suatu situasi komunikasi yang dinamis. Fokus dari penelitian ini adalah komunikasi antar kelompok dalam masyarakat dengan mengacu kepada pengalaman pribadi, sumber dari kalangan elite dan media massa. Strategi tim sukses yang dijalankan tersebut diwujudkan dalam teknik kampanye massa secara langsung, dengan beragam seni hiburan untuk menyemarakkan kegiatan kampanye, teknik kampanye massa secara langsung dipilih karena dapat menjangkau masyarakat dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat serta tehnik berkunjung kepada tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh dibandingkan kampanye dari rumah ke rumah dan kampanye lainnya

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2016/006
NIM/NIDN Creators: 55210120100
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Politik, Komunikasi Massa, Studi Kasus, Political Communication, Mass Communication, Case Study
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 07 May 2018 02:36
Last Modified: 07 May 2018 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41935

Actions (login required)

View Item View Item