GUNAWAN, HULWANI (2015) STATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILUKADA KOTA TANGERANG (STUDI KASUS TENTANG KAMPANYE KEPALA DAERAH KOTA TANGGERANG - BANTEN TAHUN 2013-2018). S2 thesis, universitas mercu buana.
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf Download (114kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
||
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji komunikasi politik yang dilakukan oleh Arief Wismansyah dan Sachrudin sebagai calon incumbent melalui tim kampanye politik Arif-sachrudin di Kota Tangerang, untuk memenangkan pemilihan Kepala Daerah Kota Tangerang tahun 2013- 2018. Landasan teoritik dari penelitian adalah teori komunikasi massa. Paradigma dalam penelitian adalah paradigma konstruktivis, menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis sosial, melalui metode studi kasus untuk mencari kekhususannya. Data primer diperoleh dari informan kunci melalui wawancara mendalam kepada tim sukses, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi politik Arief-Sachrudin dalam memenangkan pemilukada Kota Tangerang hanya bersifat dua arah yaitu dari bawah ke atas (bottom up), yang berlangsung secara interaktif antara komunikator dan penerima dalam suatu situasi komunikasi yang dinamis. Fokus dari penelitian ini adalah komunikasi antar kelompok dalam masyarakat dengan mengacu kepada pengalaman pribadi, sumber dari kalangan elite dan media massa. Strategi tim sukses yang dijalankan tersebut diwujudkan dalam teknik kampanye massa secara langsung, dengan beragam seni hiburan untuk menyemarakkan kegiatan kampanye, teknik kampanye massa secara langsung dipilih karena dapat menjangkau masyarakat dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat serta tehnik berkunjung kepada tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh dibandingkan kampanye dari rumah ke rumah dan kampanye lainnya
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number: | 52/PCOM/2016/006 |
NIM/NIDN Creators: | 55210120100 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Politik, Komunikasi Massa, Studi Kasus, Political Communication, Mass Communication, Case Study |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sepria Mikel |
Date Deposited: | 07 May 2018 02:36 |
Last Modified: | 07 May 2018 02:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41935 |
Actions (login required)
View Item |