RULITA, MEYLINDA (2014) FUNGSI DAN PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DI SEKRETARIAT JENDRAL DEWAN KETAHANAN NASIONAL. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
COVER FIX FULL.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
abstrakx.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
Abstract
Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden selaku Ketua Dewan mempunyai tugas merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional untuk menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. Dalam melaksanakan layanan dan pembinaan persidangan dan kehumasan Setjen Wantannas membawahi Biro Persidangan dan Humas. Dibentuknya Biro Persidangan dan Humas tentunya sebagai upaya Setjen Wantannas dalam menerapkan good governance. Peran Setjen Wantannas saat ini dinilai kurang maksimal tidak seperti zaman Orde Baru dimana Setjen Wantannas berperan dalam menyusun Garis-garis Besar Haluan Negara. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis tugas dan fungsi humas di Setjen Wantannas yang sudah dilaksanakan oleh Biro Persidangan dan Humas pada Setjen Wantannas pada tahun 2013. Hasil penelitian secara umum Biro Persidangan dan Humas sudah menjalankan tugas dan fungsi kehumasannya dengan baik. Kedudukan Biro Persidangan dan Humas dalam struktur Organisasi Setjen Wantannas juga diketahui cukup efektif dalam mendapatkan akses komunikasi dan informasi, meskipun masih ada keterbatasan akses khususnya terkait dengan kesekretariatan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Humas sudah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai problem solving dan mampu meneliti dan menganalisis permasalahan yang diangkat dari aspirasi atau opini publik, iklim politik, dan lain sebagainya yang kemudian dijadikan bahan untuk saran dan penyusunan kebijakan. Hubungan Humas dan pers juga baik karena Humas mampu mengakomodir kebutuhan pers akan informasi terkait Setjen Wantannas walaupun ada informasi yang bersifat rahasia dan tidak bisa dipublikasikan. Kurang maksimalnya pencapaian kinerja Biro Persidangan dan Humas dikarena sejumlah hambatan yaitu : kurangnya kompetensi petugas Humas, kurangnya jumlah petugas Humas, kurangnya dukungan anggaran dan program sampai kepada ruang kerja yang kurang besar atau kondusif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-14-036 |
Call Number: | 52/PCOM/2014/025 |
NIM/NIDN Creators: | 55208120006 |
Uncontrolled Keywords: | KOMPOL, komunikasi politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sepria Mikel |
Date Deposited: | 05 May 2018 08:03 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 03:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41423 |
Actions (login required)
View Item |