STRATEGI PRODUKSI PROGRAM POLEMIK DI SINDO TRIJAYA SEBAGAI BAROMETER ISU-ISU BAGI MEDIA NASIONAL (Studi Kasus Topik "Dinasti Atut Cenat Cenut Di Program Polemik Sindo Trijaya FM)

LELANA, JAKA (2014) STRATEGI PRODUKSI PROGRAM POLEMIK DI SINDO TRIJAYA SEBAGAI BAROMETER ISU-ISU BAGI MEDIA NASIONAL (Studi Kasus Topik "Dinasti Atut Cenat Cenut Di Program Polemik Sindo Trijaya FM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVERR.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAKK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Radio lebih sering di pahami sebagai sarana hiburan. Sering tak disadari bahwa di balik itu terselip fungsi-fungsi lainnya yaitu sebagai alat propaganda politik. Kita masih ingat, ketika Ferdinand Marcos, Presiden Filiphina tumbang dalam aksi People’s Power, salah satu media yang memainkan peran di dalamnya adalah Radio Veritas, yang dengan sangat gigih dan berani memberitakan kebusukan – kebusukan dari pemerintah sebelumnya. Di Indonesia radio terus berkembang pasca tumbang nya orde baru. Tidak hanya sebagai sarana hiburan. Melalui berbagai program yang dikemas, produksi siaran radio mampu menarik dan menampung aspirasi masyarakat atas gejolak yang terjadi dalam kehidupan sosial. Siaran Program Polemik Yang di siarkan oleh Sindo Trijaya FM, Sudah berlangsung kurang lebih 10 tahun. Tidak hanya menarik perhatian pendengar, nara sumber, namun juga menjadi perhatian dan barometer media massa lainnya. Ada beragam taktik yang di lakukan oleh pihak redaksi sindo Trijaya,di antaranya menghadirkan tema diskusi yang menjadi topic terhangat serta nara sumber yang ekslusif, agar program ini berjalan dan mempunyai kualitas yang baik. Dalam penelitian dengan paradigma konstrukstivis ini, berjudul Strategi Produksi Program Polemik Di Sindo Trijaya FM Sebagai Barometer isu-isu bagi Media Nasional, menggunakan studi kasus dengan topik “ Dinasti Atut Cenat Cenut “ . Sejumlah Teori Produksi Radio, salah satunya adalah yang di ungkapkan oleh Klaus Klastan seperti yang di tulis dan di kuatkan oleh Masduki , Dimana Klaus Klastan, instruktur radio dari Munchen Jerman mengungkapkan sebuah Produksi Talkshow yang baik berdurasi 1 jam dan di selingi oleh musik. Serta siaran yang di udarakan sebaiknya di rekam agar berkualitas baik. Ada beberapa tahapan dalam kegiatan produksi siaran Polemik diantaranya Pra Produksi, Proses Produksi, Evaluasi dari kegiatan. Metode yang di gunakan adalah studi kasus l guna mengetahui produksi siaran polemik yang menjadi perhatian media massa lainnya dan mejadi isu-isu bagi media nasional. Hasil yang di dapat dari penelitian ini. Redaksi Sindo Trijaya FM Mampu mengelola dengan baik, produksi siaran Polemik yang berdurasi selama 2 jam secara live tanpa di rekam dan bertahan hampir sepuluh tahun. Diskusi tersebut menjadi barometer media massa lainnya. Ada beragam strategi dan taktik yang di lakukan oleh pihak redaksi agar menarik perhatian banyak kalangan. Antara lain, mengangkat isu terhangat selama sepekan yakni Dinasti Atut Cenat- Cenut, yang menjadi perbincangan masyarakat dan media. Selain itu Menghadirkan nara sumber yang ekslusif sehingga menjadi daya tarik. Pengawasan dalam siaran live yang berlangsung selama 2 jam juga di lakukan secara ketat oleh tim teknik agar mendapat kualitas audio yang baik. Diskusi yang berlangsung selama 2 jam juga membuktikan bahwa, Talkshow yang menarik tidak mesti di selingi lagu. Perbincangan yang terbagi menjadi 8 segmen di anggap mampu memberikan pemecahan terhadap kasus yang terjadi di masyarakat. Karena nara sumber yang pro dan kontra hadir di acara ini dengan durasi yang cukup panjang sehingga bisa memberikan argument secara lengkap tanpa menghakimi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-14-059
Call Number: 52/MIB/2014/007
NIM/NIDN Creators: 55212110043
Uncontrolled Keywords: Produksi Radio, Program Polemik, Barometer Isu Media Nasional, Radio Production, Debate Program, Barometer Issues of National Media, MEDIA, manajemen bisnis dan industri media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:21
Last Modified: 25 Feb 2023 02:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41316

Actions (login required)

View Item View Item