PAH, JEMMY JUNIUS (2014) MITOS SEKSUALITAS DALAM IKLAN LYNX (Studi Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan LYNX Versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
01 COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
00 ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (Bab 2)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (Bab 3)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab 4)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab 5)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
08 PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membongkar mitos seksualitas pada iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get. Objek penelitian ini adalah iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get yang hanya menampilkan sosok model wanita seksi tanpa menyertakan model laki-laki. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Adapun metode analisis semiotika Roland Barthes digunakan untuk mengetahui makna dari tanda-tanda yang ada pada iklan dan ideologi yang ada di balik iklan. Setelah mengamati iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get, peneliti menemukan mitos seksualitas pada berbagai rangkaian penanda (signifier) dan petanda (signified) yang ada dalam iklan. Penggunaan ikon-ikon seksualitas seperti model wanita seksi memperlihatkan adanya upaya eksploitasi terhadap perempuan baik secara fisik maupun nonfisik dengan memanfaatkan tubuh perempuan dan hasratnya. Adapun ideologi yang tersembunyi di balik iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get adalah ideologi konsumerisme, patriarki dan kapitalisme. Terkait dengan hasil penelitian, penulis ingin menyarankan agar pembuat iklan dan produsen tidak terus menerus menggunakan tubuh perempuan sebagai ‘materi’ iklan, apalagi jika perempuan hanya dijadikan objek seks semata.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-14-014 |
Call Number: | 52/MIB/2014/002/NOT PUBLISHED |
NIM/NIDN Creators: | 55211120298 |
Uncontrolled Keywords: | LYNX, Mitos Seksualitas, Semiotika, Roland Barthes, LYNX, Sexual Myth, Semiotics, Roland Barthes, MEDIA, manajemen bisnis dan industri media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sepria Mikel |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 03:20 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 07:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41307 |
Actions (login required)
View Item |