MITOLOGI PEMUKA AGAMA DALAM IKLAN TELKOMSEL DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Iklan Telkomsel Versi Ustadz Maulana)

MANGGIASIH, ARMILA (2014) MITOLOGI PEMUKA AGAMA DALAM IKLAN TELKOMSEL DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Iklan Telkomsel Versi Ustadz Maulana). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
HAL COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
HAL DAFTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

Iklan Telkomsel versi Ustadz Maulana yang dipublikasikan di televisi dengan memperkenalkan promo produk kartu telkomsel semasa kegiatan ibadah umroh. Bagi umat muslim, Ibadah Umroh merupakan ritual perjalanan suci yang sangat dinantikan siapapun dan bagi yang melaksanakannya akan memperoleh pengalaman spiritual. Komunikasi telepon dengan menggunakan produk kartu telkomsel saat umroh kini semakin mudah, tidak perlu setting manual dan ganti kartu. Pelanggan tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga maupun kerabat di Indonesia selama Ibadah Umroh dengan tarif yang kompetitif dan bekerjasama international roaming dengan seluruh operator di Arab Saudi menghadirkan kemudahan serta kenyamanan dalam berkomunikasi. Pemuka agama yang masuk ke ranah industri periklanan sebagai seorang bintang iklan mencakup pemuka agama, dimana pemuka agama ikut serta menginformasikan produk kartu telkomsel. Ustadz maulana yang dikenal oleh khalayak sebagai seorang penceramah dalam menyampaikan ilmu agama kini menyampaikan pesan iklan yang dibawakan produk kartu telkomsel dalam proses pemberian kabar kepada keluarga dan sanak saudara di Indonesia ketika jamah tersebut sedang melakukan ibadah umroh. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ―teks‖ dalam iklan telkomel versi ustadz maulana tentang mitos-mitos yang tersembunyi serta ideologi yang menyertainya. Adapun metode penelitian yang diambil peneliti yaitu menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang menganggap bahwa ideologi ada karena kebudayaan ada. Sehingga diperlukan mitos sebagai dasar dari pemaknaan penanda dan petanda dalam tanda berbagai pesan-pesan yang disampaikan baik secara verbal maupun non verbal. Hasil penelitian dan pembahasan yang peneliti temukan adalah segala bentuk mitos-mitos yang dihasilkan dalam mitologi membawa ideologi kapitaslisme yang meraih keuntungan yang sebesar-besarnya dari iklan melalui proses kepercayaan terhadap pemuka agama.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-14-057
Call Number: 52/MIB/2014/026
NIM/NIDN Creators: 55211110105
Uncontrolled Keywords: MEDIA, manajemen bisnis dan industri media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:16
Last Modified: 28 Jun 2022 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41292

Actions (login required)

View Item View Item