MARDANI, ANDY (2014) KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG PELANGGARAN DESAIN INDUSTRI APPLE VS SAMSUNG (Studi Analisis Framing Robert Entman pada media online detik.com). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
HALAMAN COVER.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text (Abstrak)
ABSTRACK.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
Abstract
Produksi berita sesungguhnya berada dalam pertarungan antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan isi berita. Secara umum, pihak yang menguasai kapital berpeluang paling besar mendominasi proses produksi berita. Dalam konteks media massa, pengiklan (advetiser) merupakan pihak yang dominan menentukan kecenderungan dan keberpihakkan media. Hal ini terjadi karena media massa di Indonesia telah mengalami pergeseran yang disebakan pola produksi yang berubah. Bagaimana konstruksi Pemberitaan Pelanggaran Desain Industri Apple Vs Samsung di media online detik.com? Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemberitaan di media detik.com dalam menyajikan sebuah framing pemberitaan. Untuk mengetahui konstruksi Pemberitaan Pelanggaran Desain Industri Apple Vs Samsung di media online detik.com. Menurut skema Hierarchy of Influence, Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese dalam buku Mediating The Message : Theories of Influence on Mass Media Content yang ditulis oleh Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese (1996), terdapat lima faktor yang mempengaruhi isi media. Kelima faktor tersebut adalah individu, rutinitas media, organisasi, ekstramedia dan ideologi Teknik analisis data untuk teks, menggunakan analisis tekstual berdasarkan framing model Entman. Analisis ini mencermati strategi seleksi, penonjolan berita agar lebih menarik, lebih berarti untuk menggiring dan mengarahkan interpretasi khalayak sesuai dengan perspektif framing model Entman. Dalam pemberitaan kasus ini bukan sekadar sengketa Hak Kekayaan Intelektual, tetapi bisa ditafsirkan sebagai bentuk persaingan bisnis yang ikut diwarnai oleh sentimen nasionalisme.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-14-054 |
Call Number: | 52/MIB/2014/029 |
NIM/NIDN Creators: | 55211110013 |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA, manajemen bisnis dan industri media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sepria Mikel |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 03:14 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 03:49 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41261 |
Actions (login required)
View Item |