EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN SETIA DARMA II TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI JAWA BARAT DENGAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI) 1997

SAPUTRO, ARIF (2018) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN SETIA DARMA II TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI JAWA BARAT DENGAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI) 1997. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04.Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.Halaman Judul.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.Kata Pengantar.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.Daftar isi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07.Daftar Gambar.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
08.Daftar Tabel.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB II)
10.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
11.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
12.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB V)
13.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Kabupaten Bekasi termasuk kategori kota dengan karakteristik perkotaan dan sistem transportasi modern. Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi merupakan kota yang pertumbuhan penduduknya cukup tinggi dikarenakan, dibekasi merupakan kota yang berdekatan langsung dengan ibu kota Indonesia yaitu Jakarta, serta di Kabupaten Bekasi terdapat kawasan industri yang sangat padat, dengan itu kabupaten bekasi merupakan daerah atua wilayah yang banyak dituju oleh orang baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah untuk dijadikan tempat mencari pekerjaan karena jumlah lapangan pekerjaannya yang cukup banyak dari kawasan industri tersebut, dan di Kabupaten Bekasi penulis melihat terdapat persimpangan jalan yang berlokasi di jalan Setia Darma II Tambun Selatan Kabupaten Bekasi yang sering terjadi konflik kepadatan di area ruas jalan tersebut selain itu dikarenakan persimpangan tersebut belum ada pengaturan lalu lintasnya dengan melihat permasalahan yang terjadi baik di ruas jalan dan simpang tak bersinyal pada Jalan Setia Darma II Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, maka penulis mencoba mengidentifikasi lengan pada persimpangan tersebut dan menganalisis kinerja pada ruas dan simpangnya. Dalam menganalisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 yang akan menentukan kinerja simpanga dan ruas seperti arus, kapasitas, kecepatan dan derajat kejenuhan dan kinerja simpang seperti volume, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. Pengumpulan data didapat dengan melakukan survey terhadap ruas jalan yang menuju simpang dan terhadap simpang tak bersinyal Jalan Setia Darma II pada jam sibuk di hari kerja yaitu hari Senin dan Rabu. Dari hasil analisis dan pengolahan data, kinerja simpang didapat kapasitas (C) 4.075 dengan arus lalu lintas 3.945 serta derajat kejenuhan (DS) 0,97 sehingga didapat peluang antrian 37% - 74% nilai ini dianggap jenuh dikarenakan nilai derajat kejenuhannya melebihi sasaran yaitu 0,85 mutu pelayanannya masih buruk berdasarkan MKJI 1997 sehingga dilakukan optimasi untuk meningkatkan mutu pelayanan dan didapat nilai DS 0,92 dengan peluang antrian 33% - 66%. Dan kinerja ruas jalan jika diambil kesimpulan dari analisis pengelohan data kedua ruas jalan yaitu ruas jalan Setia Darma II dan jalan Boulevard didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi 0,68 nilai ini dianggap masih baik memenuhi standart perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) berdasarkan sasaran 0,85. sehingga dapat diambil kesimpulan kondisi persimpangan kurang baik dan perlu penanganan lebih lanjut sedangkan kondisi ruas jalan mayor atau utama cukup baik berdasarkan analisis perhitungan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 129
NIM/NIDN Creators: 41113110084
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tundaan,Kecepatan Lalu Lintas dan Mutu Pelayanan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.2 Systems Analysis and Computer Design, Computer Architecture, Computer Performance Evaluation/Sistem Analis dan Desain Komputer, Arsitektur Komputer, Evaluasi Daya Guna dan Performa Komputer > 004.24 Computer Performance Evaluation/Evaluasi Daya Guna dan Performa Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas > 536.6 Calorimetry, Heat Capacity/Kalorimetri, Kapasitas Kalor
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 08 Mar 2018 02:02
Last Modified: 12 Oct 2018 02:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40828

Actions (login required)

View Item View Item