HIDAYAT, EKA ANWAR YASIN PUTRI (2017) MOTIF, PEMAKNAAN DAN AKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING FOOD BLOGGER DALAM MEMANFAATKAN INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Terhadap Food Blogger Jabodetabek). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
Abstract
Perkembangan jumlah pengguna internet dalam lima tahun terakhir mengalami perkembangan yang signifikan. Hal tersebut memberikan pengaruh kepada aktivitas social media marketing. Diharapkan, dengan aktivitas tersebut mampu menarik perhatian, disukai, dan dishare seluas-luasnya sehingga menghasilkan "electronic Word of Mouth" (eWoM). Kemudian peluang bisnis baru bermunculan seperti dalam dunia digital komunikasi salah satunya adalah menjadi Food Blogger. Media yang dipergunakan tidak hanya sebatas website blog saja melainkan sudah mengalami pergeseran yakni dengan memanfaatkan Instagram. Kajian Teoritis pada penelitian ini menggunakan Marketing Online, New Media Feldman, Aktivitas Social Media menurut Joseph, sedangkan teori utama untuk melakukan penelitiuan ini menggunakan Fenomenologi Alfred Schutz, dengan pembahasan mengenai motif, pemaknaan dan aktivitas social media marketing Food Blogger dalam memanfaatkan Instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis,bersifat studi Fenomenologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian pada penelitian kali ini adalah motif, pemaknaan dan aktivitas social media marketing Food Blogger dalam pemanfaatan Instagram. Maka subjek penelitian ini adalah para Food Blogger. Berdasarkan temuan hasil penelitian peneliti menemukan sebanyak empat Motif terdiri dari beberapa jenis yaitu Hobi, Terkenal, Dorongan Teman, dan eksplorasi. Sedangkan pemakanaan terdapat empat kategori juga yaitu keren, bakat, pamer dan eksistensi diri. Alasan mereka memanfaatan Instagram yaitu : Mudah diakses, sudah banyak user yang menggunakan, Menarik dibandingkan aplikasi sosial yang sudah ada seperti twitter terbatas hanya dengan kata dan gambar, dan facebook terbatas harus menjadi teman terlebih dahulu. Jika dilihat dari keseluruhan hasil penelitian mengenai aktivitas social media marketing para Food Blogger dapat kita lihat bahwa paling berpengaruh untuk menjalankan strategi adalah hasil foto yang menarik, keaktualan dalam memberikan informasi dan objektivitas dalam memberikan ulasan terhadap makanan ataupun restoran juga yang paling menarik adalah menjaga arus komunikasi agar dapat terjalin dua arah antara Foodies dengan para followers atau non followers namun ikut berinteraksi didalam postingan mereka.Kata kunci : Marketing Online, New Media Feldman, Aktivitas Social Media menurut Joseph dan Fenomenologi Alfred Schutz
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-092 |
NIM/NIDN Creators: | 55214120078 |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Online, New Media Feldman, Aktivitas Social Media menurut Joseph dan Fenomenologi Alfred Schutz. Corporate and Marketing Communications, CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 03:46 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:33 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40328 |
Actions (login required)
View Item |