PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PRODUK TEXTILE DYES MENGGUNAKAN KERANGKA SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR)

DZIKRILLAH, NURUL (2017) PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PRODUK TEXTILE DYES MENGGUNAKAN KERANGKA SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER NURUL DZIKRILLAH.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK NURUL DZIKRILLAH.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NURUL DZIKRILLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

Penilaian kinerja supply chain perusahaan adalah sebagai tolak ukur pencapaian perusahaan dalam keberhasilan supply chain nya. Sayangnya, saat ini PT Huntsman Indonesia belum melakukan penilaian kinerja supply chain yang komprehensif dan menyeluruh, penilaian kinerja supply chain saat ini masih menitik beratkan pada satu departemen yang dirasa memiliki tanggung jawab yang besar pada kinerja supply chain perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah membuat framework yang cocok untuk pengukuran kinerja supply chain perusahaan, mengetahui dimensi yang perlu dilakukan perbaikan dan melakuan perbaikan kepada dimensi tersebut. Pengukuran kinerja menggunakan metode SCOR. Setelah hasil penilaian SCOR didapat dilakukan perbaikan dengan denggunakan DMAIC. Dari hasil perhitungan nilai SCOR untuk PT Huntsman Indonesia masuk dalam kategori rata-rata. Dimensi responsiveness kemudian ditetapkan untuk dilakukan perbaikan. Dari keseluruhan indikator pembentuk dimensi responsiveness, order fullfillment cycle time memiliki nilai terendah dan perlu dilakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan dengan menentukan CTQ terhadap indikator ini. Didapat 3 CTQ yaitu demand analysis, breakdown mesin dan raw material issue dengan demand analysis sebagai penyebab dominan dari order fulfillment cycle time. Beberapa perbaikan yang perlu dilakukan adalah End to End planning, alternatif vendor, dan usulan perbaikan preventif bagi produksi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-17-024
NIM/NIDN Creators: 55314120052
Uncontrolled Keywords: supply chain, SCOR, penilaian kinerja, DMAIC. MTI, MAGISTER TEKNIK INDUSTRI
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:52
Last Modified: 06 Jul 2022 08:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40283

Actions (login required)

View Item View Item