PRADANA, DICKY CIPTA (2017) PEMETAAN POLA-POLA BRAND IDENTITY MELALUI SENSORIS INDERA PENCIUMAN (OLFACTORY) DALAM MEMBANGUN SOCIAL ENGAGEMENT Studi Olfactics Pada Outlet Ritel di Mal-Mal di Jakarta. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
HAL DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
Abstract
Tataran identitas brand dalam lingkup ritel sejauh ini umumnya hanya menggunakan tiga sensoris indera, yaitu penglihatan (visual), pendengaran (aural) dan indera peraba (tacticle). Menjadi hal yang menarik ketika indera penciuman kita (olfactory) ternyata juga dapat mengenali brand-brand yang ada di lingkup ritel. Dalam pemikiran Peneliti, bahwa manusia bisa berpuasa sejenak tidak makan, terpejam untuk tidak melihat, menutup telinga untuk tidak mendengar, sejenak tidak menyentuh sesuatu. Namun selagi Manusia masih hidup, Manusia tidak akan berhenti menutup hidungnya untuk bernafas dan tertarik dengan sesuatu melalui indera penciuman nya (olfactory). Penelitian ini bertujuan memetakan pola-pola komunikasi identitas brand melalui sensoris indera penciuman (olfactory) pada brand ritel seperti Wakai, Johnny Andrean. XXI, Rotiboy, BreadTalk dll. Metode penelitian ini menggunakan analisis studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang dapat memberikan peluang besar bagi dibuatnya interpretasi-interpretasi alternatif. Untuk itu dipilih lah pendekatan deskriptif eksploratif yang mana merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang sebelumnya belum ada. Penelitian ini mengungkap Olfactory branding di lingkup ritel berkontribusi secara holistik dalam memberikan pola-pola komunikasi yang menghasilkan identitas brand melalui pemaknaan tentang pengalaman diri dan keterlibatan sosial dengan sebuah brand yang dikategorikan atas persepsi berdasarkan segmentasi geografi, demografi, psikografi dan sosiokultural.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CD/552. 17 018 |
NIM/NIDN Creators: | 55214120024 |
Uncontrolled Keywords: | Olfactory, Brand Identity, Ritel, Social Engagement, Sensory Branding |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.1 Sensory Perception/Persepsi Indera |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Alnisa Hardiyanti |
Date Deposited: | 06 Jan 2018 09:36 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 06:25 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40157 |
Actions (login required)
View Item |