ISHTHIFA, MUHAMMAD IMAM (2017) KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI ANALISIS PENYELENGGARAAN EVENT PADA KBIH AN - NURMANIYAH. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
Abstract
Kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) merupakan sebuah organisasi dakwah yang berfungsi membimbing para calon jamaah haji dengan tujuan melaksanakan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukun haji, sehingga bisa menjadi haji yang mabrur. Demi kelancaran proses bimbingan dan efisiensi kinerja dari sebuah KBIH tersebut, hubungan antar elemen atau kelompok sangat berpengaruh terhadap eksistensi penyelenggaraan, Sebab organisasi KBIH merupakan sebuah organisasi kesatuan yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berhubungan. Hal ini sesuai dengan penjelasan Winardi (2004, 46-56) yang menjelaskan tentang organisasi dimana perimbangan serta koordinasinya merupakan kunci-kunci bagi upaya memaksimasi kerja serta optimalisasi secara keseluruhan. KBIH AN – NURMANIYAH memulai strategi promosi dengan mengedepankan keunggulan – keunggulan yang dimiliki. Lokasi yang stategis, kelengkapan fasilitas yang disediakan, sarana akses transportasi yang mudah dijangkau, kemudahan cara bayar yang dituangkan dalam media promosi yang digunakan sesuai dengan teori Kotler “Promotion Mix”. Dengan menggunakan strategi promosi yang mengedepankan poin – poin tersebut pada media promosinya (periklanan, promosi penjualan, humas & publisitas, personal selling, direct selling) dapat memberikan penanaman brand KBIH AN – NURMANIYAH dibenak konsumen sebagai KBIH yang tepat untuk para konsumen. Objek penelitian ini adalah Strategi event, yang manfaatnya bagi konsumen adalah sebagai suatu program mengenai info KBIH AN – NURMANIYAH dan sebagai acuan kepada calon jamaah haji atau umroh dalam memilih KBIH yang sesuai dengan keinginannya. Dari pengamatan peneliti, di Indonesia KBIH yang terdaftar di Kementrian Agama sebanyak 670 KBIH yang tersebar di seluruh Indonesia. KBIH AN – NURMANIYAH menggunakan strategi event promosi dan personal selling merupakan jalur komunikasi yang bertujuan untuk menarik para calon pelanggan agar segera mendaftarkan diri mereka di KBIH tersebut untuk melakukan kegiatan perjalanan ke Tanah Suci Mekkah. An - Nurmaniyah Tour and Travel beroperasi sejak 1986 yang berlokasi di Jl. H. Soleh 1 No. 45 Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. An - Nurmaniyah Tour and Travel bergabung dengan PT. Nurwisata Abadi sebagai mitra untuk bekerja sama, seiring banyaknya jamaah yang percaya dengan kualitas dari An - Nurmaniyah Tour and Travel maka pada bulan Juli 1990, An - Nurmaniyah Tour and Travel resmi berdiri dan mengelola semua keperluan Umroh dan Haji, menurut akta pendirian perusahaan No. 70/1990 & Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU – 28114.AH.02.02 dan telah memberangkatkan lebih dari Sembilan ribu jamaah umroh dan haji.
Actions (login required)
View Item |