HERDIANSYAH, RAPIH (2017) POLA KONSUMSI INFORMASI DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL (Studi Kasus Penggunaan Media Berita Online di Provinsi Banten). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (904kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
Abstract
Peradaban komunikasi manusia berubah seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Teknologi juga berkembang atas dasar kebutuhan manusia itu sendiri. Saat ini, manusia telah merasakan dampak dari perkembangan teknologi, salah satunya dalam mencari informasi melalui media. Pola konsumsi informasi pun mulai beralih ke teknologi digital. Pendekatan media dan teknologi yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola masyarakat di Provinsi Banten dalam mengkonsumsi informasi melalui media di era teknologi digital saat ini. Sebelum muncul internet, pola konsumsi informasi diperoleh melalui media konvensional, seperti surat kabar, majalah dan televisi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemunculan media informasi berbasis internet atau media online telah merubah pola konsumsi masyarakat dalam mencari informasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, yang mengungkap pola konsumsi informasi masyarakat di Provinsi Banten pada era teknologi digital saat ini. Penelitian ini juga mengungkap alasan-alasan yang melandasi individu-individu saat mencari informasi melalui media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan pola konsumsi informasi disebabkan karena setiap individu merasa diberi kemudahan dalam mencari informasi yang didukung dengan teknologi komunikasi, khususnya perangkat digital smartphone. Meski demikian, penelitian ini tidak menemukan adanya perubahan secara masif dari pola konsumsi media konvensional ke media baru (media online).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-061 |
Call Number: | 52/MIB/2017/007 |
NIM/NIDN Creators: | 55212110080 |
Uncontrolled Keywords: | Media Industry dan Bisnis, MEDIA |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 04:23 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 04:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39655 |
Actions (login required)
View Item |