PENGARUH GENDER DAN MUATAN ETIKA PROFESI AKUNTAN PADA PERSEPSI ETIKA MAHASISWA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana)

WINARTI, DIYAS WIWIN (2017) PENGARUH GENDER DAN MUATAN ETIKA PROFESI AKUNTAN PADA PERSEPSI ETIKA MAHASISWA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)

Abstract

Pengaruh Gender dan Muatan Etika Profesi Akuntan pada Persepsi Etika Mahasiswa (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi Kelas Karyawan Universitas Mercu Buana). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh muatan etika dalam pendidikan akuntansi sebagai tugas refleksi batin spiritual, masalah etika, diskusi, dan penyelesaian kasus etika terhadap persepsi etika mahasiswa serta mengetahui dampak dari suatu perlakuan yaitu pemberian muatan etika dalam pengjaran akuntansi pada sekelompok mahasiswa dibandingkan dengan sekelompok mahasiswa lain yang tidak memperoleh perlakuan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi, khususnya kelas karyawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu buana. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif komparatif. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap etika profesi akuntan antara yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keuangan dan etika bisnis dan profesi dengan yang belum menempuh mata kuliah tersebut. Persepsi mahasiswa akuntansi yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi keuangan dan etika bisnis dan profesi memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa akuntansi yang belum menempuh mata kuliah akuntansi keuangan dan etika bisnis dan profesi. Kata kunci: Etika Profesi Akuntan, perbedaan persepsi, mahasiswa akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 18 215
NIM/NIDN Creators: 43215110453
Uncontrolled Keywords: Etika Profesi Akuntan, perbedaan persepsi, mahasiswa akuntansi.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 174 Occupational Ethics/Etika Jabatan, Etika Profesi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:54
Last Modified: 27 Sep 2018 08:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39433

Actions (login required)

View Item View Item