MELIALA, ROBBIKAL MUNTAHA (2016) TINGKAT KESESUAIAN ISI IKLAN PROMOSI AKADEMIK BINA SARANA INFORMATIKA DI YOUTUBE PERIODE 2010- 2016 BERDASARKAN ETIKA PARIWARA INDONESIA. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (886kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya temuan gejala dugaan pelanggaran Etika Pariwara Indonesia pada iklan promosi akademik Bina Sarana Informatika versi Barack Obama yang dipublikasikan di Youtube pada 2010. Pelanggaran itu terkait pada pasal 1.21.2 tentang iklan tidak boleh meniru ikon atau atribut khusus dari produk pesaing lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana iklan promosi akademik BSI di Youtube periode 2010-2016 berdasarkan Etika Pariwara Indonesia 2014 ditinjau dari pasal 1.2. ketentuan bahasa, pasal 1.16. ketentuan testimoni, pasal 1.20. pesan yang merendahkan produk pesaing, pasal 1.21. pesan peniruan dan pasal 2.19.lembaga pendidikan & lowongan kerja. Sampel penelitian sebanyak 12 iklan yang ditentukan dengan teknik penarikan sensus. Pengumpulan data menggunakan Uji Kategorisasi untuk menentukan Reliabilitas Koding, Studi Kepustakaan dan Dokumentasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah Analisis Isi Kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dengan pembuatan tabel induk untuk mengetahui frekuensi presentase penerapan dan pelanggaran etika dari 5 variabel yang ditemukan. Dari pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan: nilai reliabilitas dari uji kategorisasi mencapai nilai minimum (77,8%). Modus (91,67%) ditemukan pada variabel 1 dan variabel 3 yaitu kesesuaian pasal 1.2.1 dan pasal 1.20, namun pada pasal 1.2.2. penggunaan bahasa superlatif masih sering ditemukan dengan besar pelanggaran (41,67%). Kesesuaian pasal 1.21. ditemukan pelanggaran (16,67%) dan kesesuaian pasal 2.19.1 ditemukan pelanggaran (41,67%). Sementara nilai pelanggaran terbesar ditemukan pada variabel 2 yaitu kesesuaian pasal 1.16 (91,67%) di kategori 2 dan 3 tentang kesaksian yang berlebih-lebihan dari konsumen dan tidak lengkapnya publikasi identitas konsumen saat bersaksi kepada khalayak.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-025 |
Call Number: | 52/CMC/2017/003 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110007 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate and Marketing Communications, CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 02:56 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 03:12 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39305 |
Actions (login required)
View Item |