PEMAKNAAN MASKULINITAS GLOBAL PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL (TVC) (Analisis Semiotik Iklan Produk Khusus Pria: Rokok Gudang Garam International versi Bangkok Battle Drift dan versi Monaco Drift)

ADAM, RYAN (2017) PEMAKNAAN MASKULINITAS GLOBAL PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL (TVC) (Analisis Semiotik Iklan Produk Khusus Pria: Rokok Gudang Garam International versi Bangkok Battle Drift dan versi Monaco Drift). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Diantara iklan yang muncul di media massa, terdapat iklan yang menggunakan ilustrasi imaji maskulinitas. Media secara teoritis dapat mengembangkan imaji tersebut menjadi konsep yang sering tidak disadari oleh khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi dan konsep maskulinitas dalam iklan-iklan produk rokok, serta untuk menggali makna, ideologi dan mitos apa yang ada di balik penggambaran maskulinitas pada kedua iklan tersebut. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis semiotik dan menggunakan paradigma citical constructionism. Dengan perbandingan karakteristik maskulinitas pada dua iklan, yaitu iklan rokok Gudang Garam International versi Bangkok Battle Drift dan versi Monaco Drift. Penelitian ini menemukan iklan dibuat oleh produsen dengan melanggengkan ideologi patriarki di Indonesia supaya industri tetap berjalan sesuai dengan kepentingan para elit kapitalis. Sehingga iklan bukan sekedar mengemas produk, tetapi juga bagaimana para produsen menggunakan imaji maskulinitas sebagai komoditas bagi produk mereka. Para produsen berusaha memberikan konsep dan masukkan ideologi serta terdapat mitos kepada khalayak, yang akhirnya memperlihatkan sebuah kesadaran palsu.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-011
Call Number: 52/CMC/2017/011
NIM/NIDN Creators: 55215110050
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communication, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:34
Last Modified: 21 Jun 2022 02:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38626

Actions (login required)

View Item View Item