SISWANTO, ASEP (2009) PERENCANAAN STRATEGI BISNIS JASA PELABUHAN PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrac_Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
DAFTAR.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 - 6)
THESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
The main objective of this final assignment is to formulate alternative strategies for PT Krakatau Bandar Samudera what their business in Port Management and then choose priority of the alternative strategies using Quantitative Strategic Planning Matrix or QSPM. These priorities of alternative strategies will be done by considering internal and external factors of the company. There are three steps in business strategy formulation to achieve the priority of alternative strategies, they are Input Stage, Matching Stage, and Decision Stage. Processed data is the external data of the company which obtained by considering social community factors and working community factors. Beside that, the company internal data was processed especially factors that influenced the service that offered by the company. In Input Stage, external and internal factors were analyzed using External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix and Competitive Profile Matrix (CPM). By using EFE Matrix and IFE Matrix, company’s key success factors will be obtained and then with CPM, competitive profile of the company between the competitors company were obtained. Alternative strategies were formulated in Matching Stage using Internal – Eksternal Matrix (IE Matrix) Grand Strategy Matrix (GSM), and TOWS Matrix. Those alternative strategies were being grouping and analyzing for the next step. In Decision Stage, analysis using Qualitative Strategic Planning Matrix (QSPM) was made to compile the priority of alternatives strategies from previous step to be done. From those several alternative strategies, there are six alternative strategies that become top priorities that need to be done. They are Market Penetration, Market Development, and Product Development. Tujuan utama dari penelitian ini adalah merumuskan alternatif strategi bagi PT. KBS yang bergerak dalam bisnis jasa pelabuhan yang selanjutnya dilakukan pemilihan prioritas alternatif strategi tersebut dengan menggunakan metode Matrik Perencanaan Strategi Kualitatif (QSPM). Pemilihan ini dilakukan dengan memperhitungkan berbagai faktor internal maupun eksternal perusahaan. Terdapat 3 tahap dalam perumusan strategi bisnis yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu tahap input, tahap penyesuaian dan tahap keputusan. Data yang diolah merupakan data eksternal perusahaan, yaitu dengan melihat factor- faktor lingkungan sosial dan lingkungan kerja perusahaan. Selain itu, diolah data internal perusahaan terutama faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan jasa yang ditawarkan perusahaan. Pada tahap input, digunakan Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan Matrik Profil Kompetitif (CPM). Dengan menggunakan EFE dan IFE akan diperoleh faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi Faktor Kunci Sukses (KSF) bagi perusahaan, dan dengan menggunakan CPM akan terllihat posisi kompetitif perusahaan dibandingkan perusahaan pesaing. Tahap penyesuaian, merupakan tahap perumusan alternatif strategi dengan menggunakan Matrik Internal – Eksternal (IE Matrix), Matriks Strategi Utama (GSM), dan Matrik TOWS (TOWS Matrix). Selanjutnya alternatif strategi tersebut dikelompokkan berdasarkan keempat metode tersebut dan akan dianalisa prioritas strategi pada tahap berikutnya. Sedangkan pada tahap keputusan, digunakan metode Matrik Perencanaan Strategi Kualitatif (QSPM) untuk menentukan alternatif strategi yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Dari empat pengelompokkan strategi yang telah dirumuskan, maka prioritas alternatif strategi yang dipilih adalah strategi Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar dan Pengembangan Produk.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-09-132 |
Call Number: | TM/10/383 |
NIM/NIDN Creators: | 55106020016 |
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Strategi Bisnis. mps, manajemen pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 24 Mar 2011 12:08 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 04:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38256 |
Actions (login required)
View Item |