IMPLEMENTASI FUNGSI CUSTOMER RELATIONS PT TRIAS INDRA SAPUTRA DALAM MEMBERIKAN CITRA POSITIF DI MATA PELANGGAN

PERTIWI, DEVI CAESSARIA (2010) IMPLEMENTASI FUNGSI CUSTOMER RELATIONS PT TRIAS INDRA SAPUTRA DALAM MEMBERIKAN CITRA POSITIF DI MATA PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Customer Relations-Devi Caessaria Pertiwi-44207110011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar domestik maupun di pasar internasional. Hal ini juga terjadi dalam bidang industri manufaktur panel listrik dan cable support system. Perlu diketahui bahwa persaingan dalam memperebutkan pelanggan tidak dilakukan di pasar, tapi di benak pelanggan. Oleh karena itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi customer relations PT. Trias Indra Saputra dalam memberikan citra positif di mata pelanggan periode Agustus – Desember 2009. Komunikasi memegang peranan penting dalam membantu tugas PR untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan stakeholdernya, dalam hal ini adalah pelanggan. Implementasi fungsi customer relations diadakan untuk memberikan suatu nilai dan pelayanan yang lebih untuk para pelanggan sehingga senantiasa tercipta hubungan yang harmonis dan kerjasama yang baik dengan para pelanggan. Tujuan dari implementasi fungsi customer relations ini adalah untuk mendapatkan citra yang positif di mata dan benak pelanggan. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan metode studi kasus yang menggunakan data primer yaitu wawancara. Sedangkan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan dan dari data pendukung customer survey, sponsorship, rekapitulasi penerima parcel, company profile, SOP/Job Desc div. sales marketing dan analisa grade customer . Subyek penelitian skripsi ini adalah kepala bagian div. admin & marketing, sales team leader dan tiga dari pihak pelanggan loyal PT. Trias Indra Saputra. Data yang telah terkumpul disortir dan kemudian dianalisis secara kualitatif. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian selama periode penelitian ini menunjukan bahwa implementasi fungsi customer relations selama periode penelitian baik dalam bentuk program, kegiatan maupun media yang digunakan telah sesuai dengan tujuan customer relations yang diharapkan, yaitu tidak hanya untuk menciptakan pelanggan tetapi untuk menjaga hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara perusahaan dengan pelanggannya. Dalam pengaplikasian implementasi ini masih memiliki beberapa hambatan yang pada dasarnya berasal dari skill SDM dan kurang berjalannya sistem dengan baik. Akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi perusahaan ini untuk mendapatkan citra yang positif di mata pelanggan seiring dengan terciptanya kepuasan dan kepercayaan pelanggan atas produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 033
Call Number: SK/42/10/068
NIM/NIDN Creators: 44207110-011
Uncontrolled Keywords: FUNGSI COSTUMER RELATIONS
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Jul 2010 11:59
Last Modified: 20 May 2024 01:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37918

Actions (login required)

View Item View Item