Perbandingan Score Kematangan Sosial Anak Down Syndrome Mild Mental Retardation Yang Mengikuti Dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan di SLB

NURMALASARI, DESI (2017) Perbandingan Score Kematangan Sosial Anak Down Syndrome Mild Mental Retardation Yang Mengikuti Dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan di SLB. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada perilaku kematangan sosial melalui score terhadap anak down syndrome mild mental retardation yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti pendidikan di SLB. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak down syndrome mild mental retardation yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti pendidikan SLB di wilayah Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Jumlah subjek penelitian ini adalah 20 responden. Analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil pada penelitian ini membandingkan score kematangan sosial anak down syndrome mild mental retardation yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti pendidikan memiliki nilai signifikan .200, hal ini dikarenakan pada anak yang tidak mengikuti pendidikan tidak terdapat skor dasar. Mesikpun tidak ditemukan perbandingan score namun peneliti menemukan 17 item skala kematangan sosial yang memperlihatkan kemampuan anak down syndrome yang mengikuti pendidikan lebih baik dari pada yang tidak mengikuti pendidikan. Dengan demikian, diharapkan agar orang tua dan guru dapat lebih berperan dalam meningkatkan perilaku kematangan sosial anak down syndome untuk mengembangkan kemampuan individu mengurus diri secara mandiri.This research is focusing on social maturity's behavior through score of children with down syndrome mild mental retardation who get education in special needs school and those who didn't get education. To conduct this research, quantitative approach was used. Subject of this research were 20 down syndrome mild mental retardation's children who get education in special needs school and those who didn't get education in Kalideres District, West Jakarta. To analyze this research, independent T test was used. Result of this research compare social maturity score of down syndrome mild mental retardation children who get education and who didn't get education that have significance level .200. This is because children who didn't get education don't have basic score. Eventhough they didn't found comparison score, researcher found 17 items of social maturity that shows down syndrome children ability who get better education than children who didn't get education. Thus, researcher expected that teachers and parents could be more involve for increase social maturity's down syndrome children behavior to fulfill their ability to take care of themselves independently.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 17 004
NIM/NIDN Creators: 46112010099
Uncontrolled Keywords: kematangan sosial, down syndrome mild mental retardation.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.1 Education/Pendidikan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Social Welfare, Problems and Services/Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial > 362.3 Services of Mental Retardation/Layanan yang Berhubungan dengan Keterbelakangan Mental
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Mar 2017 17:30
Last Modified: 27 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33369

Actions (login required)

View Item View Item