NURMALASARI, DESI (2017) Perbandingan Score Kematangan Sosial Anak Down Syndrome Mild Mental Retardation Yang Mengikuti Dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan di SLB. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada perilaku kematangan sosial melalui score terhadap anak down syndrome mild mental retardation yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti pendidikan di SLB. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak down syndrome mild mental retardation yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti pendidikan SLB di wilayah Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Jumlah subjek penelitian ini adalah 20 responden. Analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil pada penelitian ini membandingkan score kematangan sosial anak down syndrome mild mental retardation yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti pendidikan memiliki nilai signifikan .200, hal ini dikarenakan pada anak yang tidak mengikuti pendidikan tidak terdapat skor dasar. Mesikpun tidak ditemukan perbandingan score namun peneliti menemukan 17 item skala kematangan sosial yang memperlihatkan kemampuan anak down syndrome yang mengikuti pendidikan lebih baik dari pada yang tidak mengikuti pendidikan. Dengan demikian, diharapkan agar orang tua dan guru dapat lebih berperan dalam meningkatkan perilaku kematangan sosial anak down syndome untuk mengembangkan kemampuan individu mengurus diri secara mandiri.This research is focusing on social maturity's behavior through score of children with down syndrome mild mental retardation who get education in special needs school and those who didn't get education. To conduct this research, quantitative approach was used. Subject of this research were 20 down syndrome mild mental retardation's children who get education in special needs school and those who didn't get education in Kalideres District, West Jakarta. To analyze this research, independent T test was used. Result of this research compare social maturity score of down syndrome mild mental retardation children who get education and who didn't get education that have significance level .200. This is because children who didn't get education don't have basic score. Eventhough they didn't found comparison score, researcher found 17 items of social maturity that shows down syndrome children ability who get better education than children who didn't get education. Thus, researcher expected that teachers and parents could be more involve for increase social maturity's down syndrome children behavior to fulfill their ability to take care of themselves independently.
Actions (login required)
View Item |