HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN PADA SANTRI TAHFIDZUL QURAN X

MASLOMAN, TIARA RANANDA (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QURAN PADA SANTRI TAHFIDZUL QURAN X. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santri tahfidzul Al-Qur’an X. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik regresi. Subyek dalam penelitian ini adalah santri tahfidzul Al-Qur’an yang berjumlah 150 responden dengan metode penentuan subyek menggunakan teknik sampling secara acak (probability sampling) dengan cara sampling kuota. Analisis data untuk menguji hipotesis melalui uji spearmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian hipotesis yang berjudul hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi santri tahfidzul Al-Qur’an X diterima dengan signifikansi p = 0,000 yang menunjukan bahwa ada hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi menghafal Al-Qur’an. Pada penelitian ini variabel yang memberikan sumbangan motivasi terbesar dan memiliki hubungan sangat kuat adalah pola asuh otoritatif yaitu pola asuh yang merupakan kombinasi dari pola asuh otoriter dan pola asuh otoritatif. Penelitian ini juga menyimpulkan motivasi menghafal Al-Qur’an didominasi oleh motivasi ekstrinsik. Tinggi rendahnya motivasi menghafal Al-Qur’an tidak terlepas dari peranan orang tua terhadap anaknya. Orang tua yang menerapkan pola asuh yang baik dan sesuai mampu memberikan dan menumbuhkan motivasi yang baik kepada anak untuk dapat menghafal Al-Qur’an.This study aims to determine the relationship of parenting parents with the motivation to memorize the Qur’an on students Tahfidzul Qur'an X. The research approach used is quantitative method with regression techniques. Subjects in this study were students Tahfidzul Qur'an totaling 150 respondents to the method of determining the subject using the technique of random sampling (probability sampling) by means of quota sampling. Analysis of the data to test the hypothesis through the test spearmen. The results showed that the research hypothesis is entitled parenting parents relationship with the motivation of students Tahfidzul Qur'an X received with significance p = 0.000 which shows that there is a significant relationship between parenting parents with the motivation to memorize the Qur'an. In this study the variables that contribute the greatest motivation and have a very strong relationship is the authoritative parenting is parenting that is a combination of authoritarian parenting and parenting authoritative. The study also concluded motivation to memorize the Qur'an dominated by extrinsic motivation. High and low motivation to memorize the Qur'an can not be separated from the role of parents to their children. Parents who apply good parenting and appropriate is able to provide and foster a good motivation for children to be able to memorize the Qur'an.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 17 016
NIM/NIDN Creators: 46112010072
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Motivasi Menghapal Al-Quran, Santri Tahfidzul Al-Quran
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa > 155.64 Adults by Status, Type, Relationships/Orang Dewasa Menurut Status, Jenis, Hubungan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa > 155.64 Adults by Status, Type, Relationships/Orang Dewasa Menurut Status, Jenis, Hubungan > 155.646 Parents/Orang Tua
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 200.1-200.9 Standars Subdivision of Religion/ Subdivisi Standar dari Agama > 200.1 Systems, Value, Scientific Principles, Psychology of Religion/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Prinsip Ilmu Pengetahuan dalam Agama, Psikologi Agama > 200.19 Psychology of Religion/Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Feb 2017 13:21
Last Modified: 27 Mar 2024 07:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/32587

Actions (login required)

View Item View Item