ANALISA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU / TQM GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT.PATRAKOM)

RIYANTO, DEDDY PRIJO (2009) ANALISA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU / TQM GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT.PATRAKOM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.doc.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
daftar isi.doc.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab I.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab II.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab III.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab IV.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab V.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (Bab 6)
Bab VI.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

At present, leads into the stridently escalating telecommunication business competition both in domestic and global market. The company, therefore, is trying to win with increasing product or service quality by obtaining ISO 9000 certification and attend on TQM. The purpose of the research is to investigate the obstacles, the gap between reality and expectation TQM principles, and TQM role in increased company competitiveness. The research is descriptive study with survey method using questioner instrument and direct observation at company condition. The research is using quantitative and qualitative approach. Respondent is manager and staff level with 78 samples of the total population 110 persons. The research variable for measure importance and performance TQM principles are customer focus, continuous improvement, management commitment, training, employee empowerment, benchmarking and supplier quality management. The statistical results show that the main obstacle the company to implement TQM is organization culture less supported where less focused at quality. Meanwhile, the results of importance – performance analysis TQM principles is PT.Patrakom still needs to increase company quality with customer focus and continuous improvement for increasing company competitiveness. Saat ini persaingan bisnis telekomunikasi makin meningkat tajam baik dipasar domestik maupun global. Salah satu upaya perusahaan untuk memenangkan persaingan dengan peningkatan mutu produk atau jasa adalah dengan mendapatkan sertifikasi ISO 9000 dan penerapan TQM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan, perbedaan antara realita dan harapan penerapan prinsip-prinsip TQM, dan peranan TQM dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan metode survey menggunakan instrumen kuesioner dan pengamatan langsung terhadap kondisi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Responden adalah level manajerial dan staff di PT.Patrakom dengan jumlah sampel 78 orang dari total populasi 110 orang. Variabel penelitian yang digunakan untuk mengukur harapan dan realita prinsip-prinsip TQM adalah fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan, komitmen manajemen, pelatihan, pemberdayaan karyawan, perbandingan kinerja dan keterkaitan dengan pemasok. Hasil analisa statistik menunjukkan bahwa hambatan utama perusahaan dalam menerapkan TQM adalah budaya organisasi kurang mendukung dimana belum sepenuhnya berfokus pada kualitas. Sedangkan hasil analisa realita dan harapan prinsip-prinsip TQM adalah PT. Patrakom masih perlu meningkatkan mutu perusahaan dengan berfokus pada pelanggan dan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan daya saing perusahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-003
Call Number: TM/10/074
NIM/NIDN Creators: 55105120046
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN MUTU, mpo, manajemen operasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Feb 2010 10:07
Last Modified: 13 Jul 2022 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item View Item