ANALISIS ISI PRESS RELEASE HOTEL CIPUTRA JAKARTA DALAM PROMOSI FOOD AND BEVERAGE DENGAN MEDIA ONLINE

RIANITA, RIANITA (2010) ANALISIS ISI PRESS RELEASE HOTEL CIPUTRA JAKARTA DALAM PROMOSI FOOD AND BEVERAGE DENGAN MEDIA ONLINE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)

Abstract

Press release online memiliki sifat yang interaktif dan memiliki link ke berbagai informasi yang menarik dan dapat dijadikan landasan untuk mendukung pesan. PR Hotel Ciputra Jakarta membuat press release setiap bulannya maupun pada event-event tertentu untuk mempromosikan F&B ke berbagai media. PR Hotel Ciputra mendapatkan publikasi yang cuma-cuma dari berbagai media untuk mempromosikan kegiatan tersebut dengan media relations yang baik. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah untuk mendeskripsikan analisis isi press release Hotel Ciputra Jakarta dalam mempromosikan F&B dengan media online periode Januari – September 2009 dengan menggunakan acuan kriteria baku penulisan press release dan sifat pesan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis isi press release Hotel Ciputra Jakarta dalam promo F&B dengan media online Priode Januari – September 2009. Penelitian ini berdasarkan pada konsep-konsep yang berkaitan dengan kriteria baku penulisan press release yang berisi tentang nilai berita, struktur piramida terbalik, unsur 5W+1H dan bahasa jurnalistik. Selain itu konsep lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecenderungan isi berdasarkan sifat pesan press release yaitu informatif, argumentatif, dan edukatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis isi. Dalam penarikan sampel menggunakan total sampling dan untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Holtsi dengan reliabilitas hasil penelitian diatas 60% dimana seluruh informasi yang dikumpulkan diambil dari populasi yaitu sebnayak 3 koder yang mengisi lembar koding. Hasil penelitian ini menemukan hasil analisa press release yang dibuat Hotel Ciputra Jakarta memenuhi kriteria baku penulisan dan bersifat informatif. Hal itu dikarenakan press release yang dibuat berisi tentang informasi dari kegiatan perusahaan. PR Hotel Ciputra Jakarta memiliki kemampuan media relations yang baik karena dapat mempublikasikan kegiatan perusahaan dengan cuma-cuma.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 038
Call Number: SK/42/10/054
NIM/NIDN Creators: 44205010019
Uncontrolled Keywords: PROMOSI
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 May 2010 15:26
Last Modified: 20 May 2024 02:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item