Rizal, Pahmi M (2013) MOTIVASI SISWA SMA YADIKA 2 TEGAL ALUR JAKARTA BARAT DALAM MENONTON TAYANGAN PROGRAM VARIETY SHOW BOOM DI GLOBALTV PERIODE JANUARI - FEBRUARI 2013. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Isi_cover_645747555830.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_882951291417.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Isi1890547087977.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (BAB II)
Isi2788220112823.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text (BAB III)
Isi3465644056857.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (BAB IV)
Isi4542126528323.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text (BAB V)
Isi5977311175241.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka798538903029.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) |
Abstract
Tayangan-tayangan pendidikan di televisi ini seperti kehilangan “jati dirinya” unsur yang seharusnya menjadi prioritas dalam membuat suatu program, seperti unsur informasi, edukasi, dan hiburan, seolah hanya beberapa saja yang di perhatikan, yakni unsur hiburan. Tayangan program Boom di Globaltv, menjadi suatu stimuli bagi siswa khususnya pengetahuan mereka dapat bertambah dengan hadirnya tayangan ini. Namun, apakah setiap nilai-nilai pendidikan terkandung dalam tayangan variety show ini dapat di implementasikan oleh pemirsanya dalam kehidupan mereka. Motivasi dapat di artikan sebagai suatu kekuatan yang terdapat dalam diri organisme yang menyebabkan organisme itu bertindak atau berbuat. Fillmore H. Sanford Faidzah (2006) berpendapat bahwa motivasi sebagai suatu kondisi yang menggerakkan suatu organisme dan mengarahkan kepada suatu tujuan, Menurut Dennis McQuail, kategori motif berdasarkan pada tipologi penggunaan media yaitu sebagi berikut; informasi, identitas diri, integrasi dan interaksi sosial, dan hiburan.Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification sebagai upaya untuk menemukan apakah pemenuhan kebutuhan atau keinginan publik terarah pada tipe media cetak atau elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan orang akan informasi lebih menggunakan media cetak, sedangkan kebutuhan akan hiburan lebih menggunakan media elektronik. Kebutuhan akan hiburan misalnya bisa dipenuhi dengan membaca majalah, koran, komik, sedangkan kebutuhan informasi dapat terpuaskan oleh berita-berita dari televisi Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara fakta dan cermat pada khalayak, yakni siswa SMA Yadika 2 Tegal Alur Jakarta Barat. Dengan menggunakan metode survei, 67 siswa responden yang diambil dengan nonprobability sampling, pendapat Suharsimi Arikunto, dimana apabila subjeknya kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya adalah penelitian populasi Presentase sumbangan terbesar pada variabel motif mencari informasi 68,6% Mengisi waktu luang dan bersantai ketika menyaksikan program Boom di Globaltv dengan nilai mean 2,6 dan dengan nilai skor 175, hal ini menandakan tayangan program Boom mempunyai pengaruh terhadap motif sesorang untuk mencari hiburan di waktu luang, sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel atau motif-motif lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number: | SK/41/13/317 |
NIM/NIDN Creators: | 44108010292 |
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI SISWA SMA YADIKA 2 TEGAL ALUR JAKARTA BARAT DALAM MENONTON TAYANGAN PROGRAM VARIETY SHOW BOOM DI GLOBALTV PERIODE JANUARI - FEBRUARI 2013 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 14:14 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 06:23 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/17505 |
Actions (login required)
View Item |