PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN DAYA INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan yang Publik di BEI)

ANDOYO, SONY WISNU (2014) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN DAYA INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan yang Publik di BEI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengungkapan informasi corporate social responsibility dalam laporan keuangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan dan kinerja perusahaan sehingga dapat berpengaruh terhadap meningkatnya profitabilitas perusahaan. Laporan keuangan memberikan pengaruh kepada investor mengenai informasi penting yang dimiliki manajemen perusahaan, misalnya perkiraan manajemen dan profitabilitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh corporate social responbility terhadap profitabilitas perusahaan dengan daya informasi akuntansi sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada tahun buku 2011 dan tahun 2012. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 68 pengamatan. Analisis statistik meliputi uji asumsi klasik dan uji kelayakan model. Pengujian pengaruh variabel pemoderasi dalam hipotesis penelitian ini diuji dengan moderated regression analysis (MRA) yang merupakan aplikasi khusus regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Walaupun corporate social responbility terbukti tidak mempengaruhi terhadap profitabilitas perusahaan dengan daya informasi akuntansi sebagai variabel moderating tetapi banyak manfaat yang diperoleh perusahaan dengan pelaksanan corporate social responsibility, antara lain produk semakin disukai oleh konsumen dan perusahaan diminati investor. Corporate social responsibility dapat digunakan sebagai alat marketing baru bagi perusahaan bila itu dilaksanakan berkelanjutan. Akan tetapi dengan melaksanakan CSR, citra perusahaan akan semakin baik sehingga loyalitas konsumen makin tinggi. Seiring meningkatnya loyalitas konsumen dalam waktu yang lama, maka penjualan perusahaan akan semakin membaik, dan pada akhirnya dengan pelaksanaan CSR, diharapkan tingkat profitabilitas perusahaan juga meningkat. Kata kunci: Profitabilitas Perusahaan, Corporate social responsibility, dan daya informasi akuntansi

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55509120012
Divisions: Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: RIZKY MIJKA EDELWEIS
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:46
Last Modified: 28 Oct 2025 04:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99897

Actions (login required)

View Item View Item