GAMBARAN PROSES PENERIMAAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI FENOMENOLOGI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISLEKSIA DENGAN KOMORBID ADHD)

AKBAR, RHANDI PHUJI (2025) GAMBARAN PROSES PENERIMAAN PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI FENOMENOLOGI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISLEKSIA DENGAN KOMORBID ADHD). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Dyslexia with comorbid ADHD can hinder a child's ability to follow lessons, manage time, and complete assignments effectively. Therefore, the role of mothers is crucial in supporting children with dyslexia and comorbid ADHD, as both pose challenges in the learning process and in managing the child's daily behavior. This study aims to determine and describe the dynamics of the self-acceptance process in mothers of children with dyslexia and comorbid ADHD. Using a qualitative phenomenological study approach, data were collected through observation and indepth interviews with three mothers of children with dyslexia and comorbid ADHD. Data validation was carried out using source triangulation. The results showed that each subject's self-acceptance differed; subject MRS had reached a stable stage of acceptance. Subject EB also demonstrated dynamic acceptance, with social support as a primary protective factor. Meanwhile, subject EM was still in the early stages of acceptance, still experiencing social pressure and negative emotions. These findings demonstrate the importance of emotional and social support in the process of mothers accepting the condition of their children with special needs. Keywords: Acceptance, Mother, Dyslexia, ADHD Disleksia dengan komorbid ADHD dapat menghambat kemampuan anak untuk mengikuti pelajaran, mengelola waktu, serta menyelesaikan tugas dengan baik. Oleh karena itu, peran ibu sangat krusial dalam mendampingi anak dengan disleksia dan komorbid ADHD, karena keduanya menimbulkan tantangan dalam proses belajar dan pengelolaan perilaku anak sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dinamika gambaran proses penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak disleksia dengan komorbid ADHD. Menggunakan metode kualitatif pendekatan studi fenomenologi, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan tiga orang ibu yang memiliki anak disleksia dengan komorbid ADHD. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri masing-masing subjek berbeda, subjek MRS telah mencapai tahap penerimaan yang stabil. Subjek EB juga menunjukkan penerimaan yang masih dinamis, dengan dukungan sosial sebagai faktor protektif utama. Sedangkan subjek EM masih berada pada tahap awal penerimaan, masih mengalami tekanan sosial dan emosi negatif. Temuan ini menunjukkan pentingnya dukungan emosional dan sosial dalam proses penerimaan ibu terhadap kondisi anak berkebutuhan khusus Kata Kunci : Penerimaan, Ibu, Disleksia, ADHD

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 25 213
NIM/NIDN Creators: 46119120051
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Ibu, Disleksia, ADHD
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.7 Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 24 Oct 2025 06:49
Last Modified: 24 Oct 2025 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99742

Actions (login required)

View Item View Item