SUPRIYATNA, YOGA (2025) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI Pada Periode 2021 - 2023). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
|
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
|
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
|
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
|
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
Abstract
Declining profits have a negative impact on companies because profits are closely related to Company Value. If Company Value decreases due to declining profits, investor confidence in the company can also decrease. Companies need to take action, one way is by maintaining company value. This study aims to examine the effect of liquidity, leverage, and company size on company value, with profitability as a moderating variable. Sampling was carried out using a purposive sampling method, with 28 samples selected from 129 companies studied over 3 (three) years of observation, namely 2021 - 2023. Analysis was conducted using a panel data regression method, and for data processing, the Econometrical Views (Eviews) 13 application was used. The results of the study indicate that liquidity and leverage have a significant and positive effect on Company Value. This reflects management's ability to manage cash and current assets, as well as leverage management, so that the company can run its operations without constraints and has the flexibility to take investment opportunities without having to rely on external funding sources. Meanwhile, company size does not significantly affect Company Value. This is because although larger companies tend to have more assets, employees, and networks, this does not always translate directly to financial performance or operational efficiency. Large companies can be inefficient, wasteful, or uninnovative, thus not creating added value for investors. Therefore, company size does not guarantee high company value. Profitability can moderate the influence of liquidity and leverage on company value. This means that profitability's role as a moderating variable becomes important when a company is able to efficiently manage current assets and leverage is effectively managed. However, profitability cannot moderate the effect of company size on company value. This is because profitability levels cannot strengthen the relationship between size and company value, as agency costs remain high even when the company is profitable. Investors consider not only company size or profits but also efficiency, innovation, cost structure, and business prospects. Key Words: Liquidity, Leverage, Firm Size, Firm Value, Profitability Laba yang menurun berakibat buruk bagi perusahaan karena laba berkatian erat dengan Nilai Perusahaan, jika Nilai Perusahaan turun akibat penurunan laba dampaknya kepercayaan investor terhadap perusahaan bisa ikut turun. Perusahaan perlu mengambil tindakan, salah satu caranya adalah dengan menjaga nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan eengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purpossive sampling, jumlah sampel yang terpilih adalah sebanyak 28 sampel dari 129 perusahaan yang diteliti selama 3 (tiga) tahun pengamatan, yaitu Tahun 2021 – 2023. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode regresi data panel, dan untuk pengolahan datanya menggunakan aplikasi Econometrical Views (Eviews) 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas dan leverage berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini menunjukkan mencerminkan kemampuan manajemen dalam mengelola kas dan aset lancar, serta pengelolaan leverage sehingga perusahaan dapat menjalankan operasionalnya tanpa kendala, serta memiliki fleksibilitas dalam mengambil peluang investasi tanpa harus bergantung pada sumber dana eksternal. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini dikarenakan meskipun perusahaan besar cenderung memiliki lebih banyak aset, karyawan, dan jaringan, hal tersebut tidak selalu berbanding lurus dengan kinerja keuangan atau efisiensi operasional. Perusahaan besar bisa saja tidak efisien, boros, atau tidak inovatif, sehingga tidak menciptakan nilai tambah bagi investor. Dengan demikian, ukuran perusahaan bukan jaminan bahwa nilai perusahaan akan tinggi. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Artinya peran profitabilitas sebagai variabel moderasi menjadi penting ketika perusahaan mampu mengelola aset lancar secara efisien dann leverage berhasil dikelola secara efektif. Namun profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan tingkat profitabilitas tidak mampu memperkuat hubungan antara ukuran dan nilai perusahaan, karena agency cost tetap tinggi meskipun perusahaan mencetak laba. Investor tidak hanya mempertimbangkan besar kecilnya perusahaan atau labanya, tetapi juga mempertimbangkan efisiensi, inovasi, struktur biaya, dan prospek bisnis. Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
