PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DI UNIVERSITAS X JAKARTA BARAT

DEWI, EKA SEPTA (2025) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DI UNIVERSITAS X JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)

Abstract

Impulse buying is a purchase made without planning, and consideration caused by a conflict between emotions and desires (Verplanken & Herabadi, 2001). Selfcontrol is the ability to manage, regulate, and control emotions and desires to do something (Tangney et al., 2004). This study aims to determine the effect of selfcontrol on impulsive buying among students using Shopee Paylater at Universitas X Jakarta Barat. The subjects in this study amounted to 146 people, employees in the psychology faculty class at Universitas X Jakarta Barat. The sampling technique used is accidental sampling. This research uses a quantitative method with simple linear regression analysis. Data collection techniques are conducted by distributing questionnaires. The results of this study indicate that there is a significant negative effect of self-control on impulsive buying with sig < 0.001, t count – 12.259 and the magnitude of the effect is 51.1%. Keywords : Impulsive Buying, Self-Control, Students, Shopee Paylater Pembelian impulsif merupakan pembelian yang dilakukan tanpa perencanaan, dan pertimbangan yang disebabkan konflik antara emosi dan keinginan (Verplanken & Herabadi, 2001). Kontrol diri merupakan kemampuan untuk mengelola, mengatur, serta mengendalikan emosi dan keinginan untuk melakukan suatu hal (Tangney dkk, 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa pengguna shopee paylater di Universitas X Jakarta Barat. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 146 orang, mahasiswa kelas karyawan fakultas Psikologi Universitas X Jakarta Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh negatif signifikan antara kontrol diri terhadap pembelian impulsif dengan sig < 0,001, t hitung – 12,259 dan besar pengaruh 51,1%. Kata kunci : Pembelian Impulsif, Kontrol diri, Mahasiswa, Shopee Paylater

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 25 210
NIM/NIDN Creators: 46118120067
Uncontrolled Keywords: Pembelian Impulsif, Kontrol diri, Mahasiswa, Shopee Paylater
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.6 Organization and Management of Psychology/Organisasi dan Manajemen di Bidang Psikologi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:22
Last Modified: 20 Oct 2025 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99503

Actions (login required)

View Item View Item