STRATEGI MENINGKATKAN REKOMENDASI POSITIF DARI PELAJAR SMA SWASTA DI KOTA TANGERANG: PENDEKATAN EFEKTIF DALAM MENGELOLA WOM

SARI, LAURENCIA ANINDIYA AGUSTINE PUSPITA (2025) STRATEGI MENINGKATKAN REKOMENDASI POSITIF DARI PELAJAR SMA SWASTA DI KOTA TANGERANG: PENDEKATAN EFEKTIF DALAM MENGELOLA WOM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Education is essential for society to avoid ignorance. Therefore, competition exists at the high school level, especially for private schools, where each competes to attract prospective students who will eventually become the best graduates. This research aims to analyze and test the influence of e-service quality, positive Word of Mouth (WOM), and customer trust. The primary focus is private high school students in Tangerang City. Sampling was conducted using a purposive sampling method based on specific criteria, such as distributing questionnaires containing several related statements based on existing indicator variables. The quantitative method, using a causal approach, examines the influence of the independent and dependent variables. This was calculated using the Solvin formula. Because the population size is known, the sample size was 390. This study also used SmartPLS version 4.0.9.6 analysis. The results of the hypothesis test indicate that the e-service quality and customer trust variables have a significant positive effect on the positive word of mouth variable. The findings suggest that if a school provides good service, it will gain consumer trust, which in turn will generate positive reviews from consumers. Keywords: Education, E-service Quality, Positive Word of Mouth, Customer Trust, Marketing, High School Pendidikan sangat di perlukan bagi masyarakat agar bisa terhindar dari kebodohan oleh sebab itu persaingan pun ada di tingkat pendidikan menengah atas khususnya bagi sekolah swasta yang mana satu dengan yang lainnya bersaing untuk mendapat calon murid dengan nantinya menjadi lulusan terbaik. Riset ini guna untuk analisis dan uji pengaruh dari e-service quality, positive WoM, customer trust. Keseluruhan objek yang menjadi fokus utama adalah pelajar SMA Swasta yang ada di Kota Tangerang. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang di dasarkan oleh kriteria tertentu seperti menyebarkan kuesioner dengan beberapa pernyataan terkait tentang hal berdasarkan variabel indikator yang ada dan berdasarkan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal pengaruh yang terjadi dari variabel independen dan variabel dependen, yang di hitung menggunakan rumus solvin karena jumlah populasi diketahui sehingga sampel yang ada setelah dihitung adalah sebanyak 390. Serta penelitian ini menggunakan metode analisis SmartPLS ver 4.0.9.6. Dengan hasil uji hipotesis yang ada menujukkan bila variabel E-Service Quality dan Customer Trust mendapat hasil positif signifikan terhadap variabel Positif Word Of Mouth. Temuan yang ada menunjukkan bahwa jika sekolah memberi pelayanan yang baik maka akan mendapatkan kepercayaan konsumen yang nantinya akan menimbulkan ulasan positif dari konsumen kepada orang lain. Keyword : Pendidikan, E-service Quality, Positive Word Of Mouth, Customer Trust, Pemasaran, SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 25 354
NIM/NIDN Creators: 43121010294
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, E-service Quality, Positive Word Of Mouth, Customer Trust, Pemasaran, SMA.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa > 155.64 Adults by Status, Type, Relationships/Orang Dewasa Menurut Status, Jenis, Hubungan > 155.646 Parents/Orang Tua
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.1 Education/Pendidikan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:09
Last Modified: 15 Oct 2025 07:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99315

Actions (login required)

View Item View Item