PRASETYO, MASRIAN ADI (2020) PENERAPAN HSE PLAN PADA PEKERJAAN PEMASANGAN GIRDER JEMBATAN UNTUK MENCAPAI SASARAN ZERO ACCIDENT (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (628kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
3. Bab 2 Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
4. Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
5. Bab 4 Hasil dan Analisis.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
6. Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
Abstract
In the Solo Race Track Development Project - Adi Soemarmo Airport Km. 4 + 000 to Km. 6 + 200 is a construction project that has a high risk of hazards and work accidents because in the process it uses a girder structure, with a location close to people's homes. So it is necessary to measure the implementation of the HSE Plan undertaken to reduce the risk of work accidents in the Solo Race Track Development Project - Adi Soemarmo Airport, Solo. This study aims to evaluate the implementation of the HSE Plan that has been implemented in the Solo Racing Railway Development Project - Adi Soemarmo Airport Km. 4 + 000 to Km. 6 + 200 at zone 2 location by PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. The variables studied were commitment and policy, management review, K3 inspection, K3 training, SMK3 Audit, Hazard prevention, K3 socialization program, availability of PPE, use of PPE, standard operating procedures and work environment. This research is included in quantitative research. Research data will be compared with Government Regulation No. 50 of 2012. However, in the achievement of HSE Plan implementation there are still elements of application that are still in the category of GOOD application, namely the elements of implementing Environmental Monitoring with an achievement value of 84%. So it needs to be evaluated in order to enter into the satisfying category Keywords: HSE Plan, SMK3, K3, PP 50 Tahun 2012 Dalam proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Km. 4+000 s/d Km. 6+200 merupakan salah satu proyek konstruksi yang memiliki risiko bahaya dan kecelakaan kerja yang tinggi karena dalam pengerjaannya menggunakan struktur girder, dengan lokasi yang berdekatan dengan rumah warga. Sehingga diperlukan pengukuran penerapan HSE Plan yang dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja pada proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo, Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan HSE Plan yang telah diterapkan di proyek Pembangunan Jalur Kereta Api Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo Km. 4+000 s/d Km. 6+200 di lokasi zona 2 oleh PT. Adhi Karya (persero) Tbk. Variabel yang diteliti yaitu komitmen dan kebijakan, tinjauan manajemen, inspeksi K3, pelatihan K3, Audit SMK3, Pencegahan bahaya, Program sosialisasi K3, ketersediaan APD, pemakaian APD, standart prosedur operasional dan lingkungan kerja.. Data hasil penelitian akan dibandingkan dengan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012. Akan tetapi dalam pencapaian penerapan HSE Plan masih ada elemen penerapan yang masih dalam kategori penerapan BAIK yaitu pada elemen penerapan Pemantauan Lingkungan Kerja dengan nilai pencapaian 84 %. Sehingga perlu dilakukan evaluasi agar dapat masuk dalam kategori memuaskan Kata kunci : HSE Plan, SMK3, K3. PP 50 Tahun 2012
Actions (login required)
![]() |
View Item |