PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT @FUJI_AN TERHADAP CITRA MEREK MS GLOW (Survey Pada Community @cewekbanget.id)

Putri, Chikita Aulia (2025) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT @FUJI_AN TERHADAP CITRA MEREK MS GLOW (Survey Pada Community @cewekbanget.id). S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (FILE COVER)
44218110165-Chikita Aulia Putri-01 Cover - Chikita Aulia P.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB I)
44218110165-Chikita Aulia Putri-02 Bab 1 - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB II)
44218110165-Chikita Aulia Putri-03 Bab 2 - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB III)
44218110165-Chikita Aulia Putri-04 Bab 3 - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB IV)
44218110165-Chikita Aulia Putri-05 Bab 4 - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB V)
44218110165-Chikita Aulia Putri-06 Bab 5 - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44218110165-Chikita Aulia Putri-08 Daftar Pustaka - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44218110165-Chikita Aulia Putri-09 Lampiran - chikita aulia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Di era digital, pemasaran melalui media sosial semakin berkembang, salah satunya melalui celebrity endorsement. MS Glow, sebagai merek perawatan kulit lokal di Indonesia, menggunakan figur publik @Fuji_an dalam strategi promosinya untuk membangun citra merek. Namun, efektivitas celebrity endorsement dalam meningkatkan citra merek masih menjadi pertanyaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh celebrity endorsement terhadap citra merek MS Glow. Penelitian ini berfokus pada dua variabel utama, yaitu celebrity endorsement dan citra merek. Celebrity endorsement diukur berdasarkan aspek kredibilitas, daya tarik, popularitas, dan pengaruh selebriti. Sementara itu, citra merek dinilai berdasarkan keunggulan, kekuatan, dan keunikan asosiasi merek. Studi ini menggunakan paradigma positivisme, yang mengasumsikan bahwa hubungan antar variabel dapat diuji secara empiris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode survey yang melibatkan anggota komunitas @cewekbanget.id, yang aktif di media sosial. Dengan populasi sebanyak 208 orang, jumlah 100 sampel dan ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data diperoleh melalui kuesioner dalam bentuk Google Form dan dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Temuan penelitian ini mengungkap bahwa celebrity endorsement oleh @Fuji_an memiliki pengaruh signifikan terhadap citra merek MS Glow. Sebagian besar responden menyatakan bahwa kehadiran @Fuji_an sebagai endorser meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk MS Glow. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa celebrity endorsement berkorelasi positif dan berkontribusi besar dalam membangun citra merek. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa pemanfaatan celebrity endorsement dapat menjadi strategi yang efektif dalam memperkuat citra merek di industri kecantikan. Kata Kunci : Pengaruh, Celebrity Endorsement, Citra Merek

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218110165
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Endorsment, Promosi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: anggitto Surya Hadi Perpus Meruya
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:19
Last Modified: 13 Oct 2025 02:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/99099

Actions (login required)

View Item View Item