PENGARUH KOMUNIKASI INTERPESONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERILAKU INOVATIF PADA GURU DI KECAMATAN CILEDUG, KOTA TANGERANG

ARIFIN, AHMAD BUSTAMIL (2025) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPESONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PERILAKU INOVATIF PADA GURU DI KECAMATAN CILEDUG, KOTA TANGERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Education as one of the pillars of development, education in Indonesia is still sad. This can be seen from the results of PISA (Program for International Student Assessment) 2022 which was announced in December 2023 that overall it can be categorized as one of the lowest. Indonesia is ranked 68th. This situation encourages teachers to continue to innovate in their learning so that they can develop the potential and abilities of their students so that they produce creative and innovative students. The purpose of this study was to see the effect of interpersonal communication and transformational leadership on innovative behavior in high school/vocational school teachers in Ciledug District, Tangerang City. This study uses interpersonal communication theory from Devito, transformational leadership from Bass & Avolio and innovative behavior from DeJong & Hartog. The paradigm of this research is positivistic. This research is a quantitative study using a survey method. Using a purposive sampling technique, questionnaires were distributed to 188 high school/vocational school teachers in Ciledug District, Tangerang City. The results of the study indicate that 1) Interpersonal communication has a positive and significant influence on innovative behavior in teachers in Ciledug District, Tangerang City with a total influence of 56.6%, 2) Transformational leadership has a positive and significant influence on innovative behavior in teachers in Ciledug District, Tangerang City with a total influence of 38.0%, 3) Transformational leadership and interpersonal communication together have a significant influence on innovative behavior in teachers in Ciledug District, Tangerang City with a total influence of 94.5%. These findings indicate that the more effective the implementation of interpersonal communication and transformational leadership, the more it can encourage innovative behavior in teachers. The implication is that schools should be encouraged to maintain effective interpersonal communication practices and transparent and professional school management, as well as to create a school environment conducive to teacher innovation. Keywords: Interpersonal Communication, Transformational Leadership, Innovative Behavior, Teachers Pendidikan sebagai salah satu tulang punggung pembangunan, pendidikan di Indonesia masih menyedihkan. Hal ini tampak dari hasil PISA (Program for International Student Assesment) 2022 yang diumumkan pada Desember 2023 bahwa secara keseluruhan dapat dikategorikan termasuk yang terendah. Indonesia pada peringkat 68. Situasi ini mendorong guru untuk dapat terus melakukan inovasi dalam pembelajarannya sehingga dapat mengembangkan potensi dan kemampuan anak didiknya sehingga melahirkan peserta didik yang kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh komunikasi interpersonal dan kepemimpinan transformasional terhadap perilaku inovatif pada guru SMA/SMK di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dari Devito, kepemimpinan transformasional dari Bass & Avolio dan perilaku inovatif dari DeJong & Hartog. Paradigma penelitian ini adalah positivistik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, kuesioner didistribusikan kepada 188 guru SMA/SMK di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif pada guru di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang dengan total pengaruh sebesar 56,6%, 2) Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif pada guru di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang dengan total pengaruh sebesar 38,0%, 3) Kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku inovatif pada guru di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang dengan total pengaruh sebesar 94,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin efektif penerapan komunikasi interpersonal dan kepemimpinan transformasional maka dapat mendorong tumbuhnya perilaku inovatif pada guru. Implikasinya adalah mendorong sekolah untuk dapat mempertahankan penerapan komunikasi interpersonal yang efektif dan pengelolaan sekolah secara transparan dan professional serta menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif bagi inovasi guru. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kepemimpinan Transformasional, Perilaku Inovatif, Guru

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 25 036
NIM/NIDN Creators: 55223110013
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kepemimpinan Transformasional, Perilaku Inovatif, Guru
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.34 Leadership/Kepemimpinan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:51
Last Modified: 08 Oct 2025 07:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98908

Actions (login required)

View Item View Item