PENGARUH BRAND AMBASSADOR NICHOLAS SAPUTRA TERHADAP MINAT BELI NUGGET KANZLER PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @TEMANKANZLER

PRASETYO, DIMAS HAKIM (2025) PENGARUH BRAND AMBASSADOR NICHOLAS SAPUTRA TERHADAP MINAT BELI NUGGET KANZLER PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @TEMANKANZLER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)

Abstract

The development of digital technology has changed the company's marketing strategy, a widely used strategy is the utilization of brand ambassadors to build a brand image to increase buying interest. Like Kanzler, which implements a digital marketing strategy by cooperating with Nicholas Saputra as a brand ambassador for Kanzler nugget products. The use of brand ambassadors has been widely applied, but research that specifically discusses their influence on the processed food industry is still limited. Therefore, this study aims to determine whether there is an effect of Nicholas Saputra's brand ambassador on buying interest in Kanzler Nuggets. According to Lea-Greenwood (2012), a brand ambassador is a tool used by companies to communicate and interact with the public, with the hope of increasing sales. According to Chinomona et al (2013), purchase intent is the likelihood of consumers purchasing a product or service. Purchase intent arises when an individual has obtained sufficient information about the desired product. In this study, the paradigm used is positivism, with the method employed being a quantitative descriptive survey questionnaire. The population selected was the Instagram followers of @temankanzler on February 28, 2025, with a total of 57,145 followers, and the sample consisted of 100 respondents obtained using the Slovin formula. The study showed that the calculated t-value obtained from the t-test results was t-calculated (14.139) > t-table (1.661). From these results, since t calculated > t table, this means that (Ho) is rejected and (Ha) is accepted, indicating that the brand ambassador significantly influences brand image with a correlation value of 0.819, showing a very strong relationship between the two variables with a determination coefficient of 67.1%. Therefore, it can be concluded that there is an influence of Brand Ambassador Nicholas Saputra on the Purchase Intention of Kanzler Nuggets. Keywords: Brand Ambassador, Purchase Intention, Instagram, Nicholas Saputra, Kanzler Nuggets. Perkembangan teknologi digital telah mengubah strategi pemasaran perusahaan, strategi yang banyak digunakan adalah pemanfaatan brand ambassador untuk membangun citra merek untuk meningkatkan minat beli. Seperti Kanzler yang menerapkan strategi pemasaran digital dengan menggandeng Nicholas Saputra sebagai brand ambassador untuk produk nugget Kanzler. Penggunaan brand ambassador telah banyak diterapkan, namun penelitian yang secara spesifik membahas pengaruhnya terhadap industri makanan olahan masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand ambassador Nicholas Saputra terhadap minat beli Nugget Kanzler. Menurut Lea-Greenwood (2012) Brand ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan. Menurut Chinomona et al (2013) minat beli merupakan kemungkinan konsumen akan membeli sebuah produk atau jasa. Minat beli muncul ketika seseorang telah mendapatkan informasi yang cukup mengenai produk yang diinginkan. Dalam penelitian ini paradigma yang digunakan adalah positivisme dengan metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif survei kuesioner. Populasi yang diambil adalah followers instagram @temankanzler pada tanggal 28 Februari 2025 dengan jumlah 57.145 followers dan sampel yang diambil adalah 100 responden yang didapatkan dari rumus slovin. Penelitian ini menunjukkan nilai t hitung yang diperoleh dari hasil perhitungan pada Uji t yaitu t hitung (14,139) > t tabel (1,661). Dari hasil tersebut, bahwa t hitung > t tabel yang artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima maka brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap citra merek dengan memiliki nilai korelasi 0,819 yang menunjukkan hubungan sangat kuat antara dua variabel dengan nilai koefisien determinasi sebesar 67,1%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Brand Ambassador Nicholas Saputra terhadap Minat Beli Nugget Kanzler. Kata Kunci: Brand Ambassador, Minat Beli, Instagram, Nicholas Saputra, Nugget Kanzler.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 071
NIM/NIDN Creators: 44320120009
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Purchase Intention, Instagram, Nicholas Saputra, Kanzler Nuggets.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.045 Corporations/Perusahaan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Pandu Risdiyanto
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:22
Last Modified: 26 Sep 2025 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98488

Actions (login required)

View Item View Item