PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi sub Makanan dan minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Arnaz, Mokhamad Afrizal (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi sub Makanan dan minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). S2 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (COVER)
55520110047_Mokh Afrizal_01_Cover - mokhamad afrizal.pdf

Download (543kB)
[img] Text (BAB I)
55520110047_Mokh Afrizal_02_BAB I - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB II)
55520110047_Mokh Afrizal_03_BABII - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
55520110047_Mokh Afrizal_04_BAB III - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB IV)
55520110047_Mokh Afrizal_05_BAB IV - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB V)
55520110047_Mokh Afrizal_06_BAB V - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55520110047_Mokh Afrizal_07_Daftar Pustaka - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55520110047_Mokh Afrizal_08_Lampiran - mokhamad afrizal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini menggunakan data perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Sub makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Pemilihan sampel Sektor Industri Barang Konsumsi Sub makanan dan minuman di dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sample yang dapat diterima yaitu 95 dari jumlah keseluruhan. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan analisis regresi data panel dengan tingkat signifikansi 5% (0.05). Hasil dari pengujian diperoleh (1) terdapat pengaruh profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, (2) tidak adanya pengaruh leverage terhadap Nilai Perusahaan, (3) adanya pengaruh pada pertumbuhan penjualan terhadap Nilai Perusahaan, (4) terdapat pengaruh dari interaksi profitabilitas dan ukuran perusahaan dapat memperkuat hubungan antara profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, (5) terdapat pengaruh dari interaksi leverage dan ukuran perusahaan yang dapat memperkuat hubungan antara leverage terhadap Nilai Perusahaan, (6) terdapat pengaruh dari interaksi pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan yang dapat memperkuat hubungan antara pertumbuhan penjualan terhadap Nilai Perusahaan. This research is a quantitative research that aims to determine the Effect of Profitability, Leverage and Sales Growth on Company Value with Company Size as a Moderation Variable. This research uses data from Consumer Goods Industry Sector Companies Sub-food and beverages listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2022 period. The selection of samples from the Consumer Goods Industry Sector in this study used the purposive sampling method and the number of acceptable samples was 95 of the total number. Hypothesis testing in the study used regression analysis of panel data with a significance level of 5% (0.05). The results of the test obtained (1) there is an effect of profitability on Company Value, (2) there is no influence of Leverage on Company Value, (3) there is an influence on sales growth on Company Value, (4) there is an influence of the interaction of profitability and company size can strengthen the relationship between profitability and Company Value, (5) there is an influence of the interaction of leverage and company size that can strengthen the relationship between leverage to Company Value, (6) there is an influence of the interaction of sales growth and company size that can strengthen the relationship between sales growth to Company Value.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55520110047
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan. Profitability, Leverage, Sales Growth, Company Size, Company Value.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: NAIMAH NUR ISLAMIDIYANAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:53
Last Modified: 23 Sep 2025 07:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/98409

Actions (login required)

View Item View Item