ALWI, KENAISHA MOZA (2025) ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN RAYA NAROGONG KOTA BEKASI (KM 7,5 - KM 9) MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) UNTUK PERENCANAAN PEMELIHARAAN RUTIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (515kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
This study aims to analyze the level of pavement damage on the Narogong Highway in Bekasi City (Km 7.5 – Km 9) using two methods, namely the Pavement Condition Index (PCI) and the Surface Distress Index (SDI). This damage is caused by the high volume of heavy vehicles that pass through this road section every day, which puts excessive load on the road pavement structure. In addition, the lack of routine maintenance is also a contributing factor, because minor damage that is not immediately repaired tends to develop into more severe damage over time. Therefore, the general condition of this road pavement indicates the need for immediate maintenance action. A field survey was conducted on a 1.5 km road section divided into 15 segments, each 100 meters long. The analysis results show that the PCI value for the Bekasi City direction is 52 and the Cileungsi direction is 53, which indicates that the pavement condition is classified as poor. Meanwhile, the SDI method shows that the results obtained are 98 for the Bekasi City direction (moderate) and 104 for the Cileungsi direction (light damage). Kata Kunci: Road pavement, Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), Road damage, Narogong Highway Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerusakan perkerasan jalan pada Ruas Jalan Raya Narogong Kota Bekasi (Km 7,5 – Km 9) dengan menggunakan dua metode, yaitu Pavement Condition Index (PCI) dan Surface Distress Index (SDI). Kerusakan ini disebabkan oleh tingginya volume kendaraan berat yang melintasi ruas jalan tersebut setiap harinya, yang memberikan beban berlebih terhadap struktur perkerasan jalan. Selain itu, minimnya pelaksanaan pemeliharaan rutin juga menjadi faktor penyebab, karena kerusakan kecil yang tidak segera diperbaiki cenderung berkembang menjadi kerusakan yang lebih parah seiring waktu. Oleh karena itu, kondisi umum perkerasan jalan ini menunjukkan kebutuhan akan tindakan pemeliharaan segera. Survei lapangan dilakukan pada ruas jalan sepanjang 1,5 km yang dibagi menjadi 15 segmen, masingmasing sepanjang 100 meter. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai PCI untuk arah Kota Bekasi adalah 52 dan arah Cileungsi 53, yang mengindikasikan kondisi perkerasan tergolong buruk (poor). Sementara itu, metode SDI menunjukkan bahwa hasil yang diapatkan sebesar 98 untuk arah Kota Bekasi (sedang) dan 104 untuk arah Cileungsi (rusak ringan). Kata Kunci: Perkerasan jalan, Pavement Condition Index (PCI), Surface Distress Index (SDI), Kerusakan jalan, Jalan Raya Narogong.
Actions (login required)
![]() |
View Item |