PERILAKU KOMUNIKASI DIGITAL MAHASISWA GEN Z DALAM MENYELESAIKAN PENDIDIKAN SAMBIL BEKERJA (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Strata Satu di Jakarta Tahun 2025)

Cahyani, Alya Citra (2025) PERILAKU KOMUNIKASI DIGITAL MAHASISWA GEN Z DALAM MENYELESAIKAN PENDIDIKAN SAMBIL BEKERJA (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Strata Satu di Jakarta Tahun 2025). S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (Cover)
44220120056-Alya Citra Cahyani-01 Cover - Alya Citra.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB I)
44220120056-Alya Citra Cahyani-02 Bab 1 - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
44220120056-Alya Citra Cahyani-03 Bab 2 - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB III)
44220120056-Alya Citra Cahyani-04 Bab 3 - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB IV)
44220120056-Alya Citra Cahyani-05 Bab 4 - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB V)
44220120056-Alya Citra Cahyani-06 Bab 5 - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44220120056-Alya Citra Cahyani-07 Daftar Pustaka - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (Lampiran)
44220120056-Alya Citra Cahyani-08 Lampiran - Alya Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital membentuk pola komunikasi baru pada Gen Z, generasi yang dikenal adaptif terhadap perubahan teknologi. Fenomena ini menjadi menarik ketika dikaitkan dengan mahasiswa yang menjalani peran ganda sebagai pelajar dan pekerja. Tuntutan akademik dan pekerjaan membuat mereka mengandalkan komunikasi digital untuk mengatur waktu, membangun relasi, dan menyelesaikan tugas di kedua peran tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku komunikasi digital mahasiswa Gen Z dalam menyelesaikan pendidikan strata satu sambil bekerja di Jakarta pada tahun 2025. Fokusnya pada pola, strategi, dan makna penggunaan media digital untuk mendukung aktivitas akademik dan pekerjaan, sekaligus memberikan kontribusi pada kajian komunikasi generasi muda di era digital. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap delapan informan, terdiri dari empat informan kunci dan empat informan pendukung. Informan kunci adalah mahasiswa pekerja yang aktif menggunakan media digital, sedangkan informan pendukung memberi perspektif tambahan dari lingkungan akademik maupun profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Gen Z mampu beradaptasi dengan memanfaatkan media digital sebagai alat komunikasi utama. Dalam perspektif teori Computer- Mediated Communication (CMC), mereka mengoptimalkan aplikasi pesan instan, media sosial, dan platform akademik online untuk menjaga fleksibilitas komunikasi. Sementara teori Tindakan Komunikasi menjelaskan kemampuan mereka menyesuaikan gaya komunikasi sesuai konteks. demands make them rely on digital communication to manage time, build relationships, and complete tasks in both roles. This study aims to explore the digital communication behavior of Gen Z students in completing their undergraduate education while working in Jakarta in 2025. The focus is on the patterns, strategies, and meanings of digital media use to support both academic and professional activities, while contributing to the study of youth communication in the digital era. This research employs a qualitative approach with a descriptive phenomenological method. Data were collected through in-depth interviews with eight informants, consisting of four key informants and four supporting informants. The key informants were working students actively using digital media, while the supporting informants provided additional perspectives from academic and professional environments. The findings reveal that Gen Z students are able to adapt by utilizing digital media as their main communication tool. From the perspective of Computer-Mediated Communication (CMC) theory, they optimize instant messaging applications, social media, and online academic platforms to maintain communication flexibility. Meanwhile, Communication Action Theory explains their ability to adjust communication styles according to the context.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220120056
Uncontrolled Keywords: Gen Z, komunikasi digital, mahasiswa pekerja, peran ganda Gen Z, digital communication, working students, dual roles
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ZAIRA ELVISIA
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:32
Last Modified: 09 Sep 2025 02:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/97557

Actions (login required)

View Item View Item